Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Belajar Menulis Bahasa Inggris, Ini Tipsnya agar Mudah

Kompas.com - 02/03/2021, 15:47 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belajar bahasa Inggris, ada banyak komponen yang harus dipelajari. Tidak asal menterjemahkan kata per kata, namun belajar bahasa Inggris secara garis besar harus mengenal writing (menulis), speaking (berbicara) dan listening (mendengarkan).

Tetapi, komponen paling detil ada di writing. Sebab di dalamnya, ada berbagai struktur kalimat yang memiliki rumusnya sendiri.

Untuk itu, ada berbagai cara dan tips dari ketiga sosok yang sudah melalang buana di luar negeri. Ketiganya, hadir di gelaran The British Institute (TBI) 37th Anniversary yang digelar secara daring dan ada di kanal Youtube.

Talkshow ini merupakan serangkaian acara Anniversary TBI yang ke-37, yang telah dilangsungkan sejak 18 Februari 2021. Meski begitu, di setiap acaranya ada banyak tips yang bisa diambil untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris.

Baca juga: HUT Ke-37, TBI Siapkan Generasi Bangsa dengan Kecakapan Bahasa Inggris

Untuk tipsnya, pertama datang dari rapper kebanggaan Indonesia, Yacko yang dianggap lihai menulis lirik berbahasa Inggris.

Yacko, menyarankan memang harus berhati-hati pada writing. "Caranya mempertajam skill writting ya harus banyak baca agar mengenal vocab. Malah kalau aku, dari karaoke. Sekarang sudah ada aplikasi Spotify dan I Tunes tentu aplikasi memudahkan untuk belajar writting," ujarnya.

Masalah lain, yakni grammar. Yacko mengatakan urusan grammar menjadi nomor satu jika ingin belajar menulis berbahasa Inggris.

"Karena saat berbicara, asal orang paham meski grammar kita agak acak, masih tidak masalah. Tetapi jika menulis, grammar itu rumus wajib yang jangan sampai keliru," kata Yacko.

Ternyata ungkapan Yacko juga dibenarkan oleh Head of Connext Edward Irwan. "Kalau buat saya, grammar paling susah. saya agak menyerah dulu. Terlalu teori ya. Maksudnya gini, kalau belajar pronoun kita bisa nonton film, meniru dari film. Kalau grammar harus belajar teorinya," kata dia.

Baca juga: Tak Cuma Menambah Peluang, Ini 3 Keuntungan Belajar Bahasa Inggris

Ia sempat menanyakan ke saudaranya bagaimana cara paling gampang mengakali grammar. " Tidak ada cara nge cheat grammar. Itu hal yang tidak bisa dihindari dan harus dipelajar," kata dia.

Perlu ekstra waktu untuk mempelajari grammar. Edward mengatakan, agar belajar grammar makin mudah ada baiknya mencari panduan ahli, pergi ke bimbingan belajar, atau jangan ragu bertanya pada yang lebih memahami.

Berkaitan dengan writting, Edward mengatakan perlu juga mempelajari spelling. "Dulu saya main spelling sendiri. belajar ngeja kata tanpa melihat dictionary-nya. Tapi sekarang, ada handphone kan otomatis ada autocorrect. Kadang disingkat kalau typing. Meski memudahkan, kadang itu justru membuat kita lupa spelling yang benar akhirnya belajar lagi," ujarnya.

Lain lagi dengan Founder of Indonesian Social Blogpreneur Community, Ani Berta. Ia menceritakan masa lalunya saat dianggap tidak pintar bahasa Inggris oleh gurunya. "Waktu SMP, saya kesulitan belajar bahasa Inggris. Saya digemesin sama guru bahasa Inggris saya. Saat SMA, saya balas dendam. Saya tulis 16 tenses di kertas, lalu saya hafalkan," kata dia.

Kesulitan dalam writting, kata Ani saat menghafalkan 16 tenses. Berbeda dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris memiliki kata, susunan kalimat, yang berbeda antar waktu. Mulai dari hari ini, besok, kemarin dan dulu, ada rumus kalimat yang berbeda saat menulis.

"Untuk itu, belajar bahasa Inggris jangan sekedar mau. Karena sulit, harus ada motivasi ekstra keras," kata dia.

Dalam belajar menulis, perhatikan pronoun yang ada. Sebab, pronoun sendiri adalah kata yang digunakan untuk menggantikan noun (kata benda) yang dapat berupa orang, benda, hewan, tempat, atau konsep abstrak.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Kenalkan Bahasa Ibu ke Anak Sejak Dini

"Meski kelihatannya susah, sebenarnya mudah juga belajar writting bahasa Inggris. Asal, mencatat dengan sungguh-sungguh dengan cara kita sendiri," kata dia.

Tips lain dari Ani, bisa juga belajar bahasa Inggris dari Siri yang ada di Iphone atau Google Assistant untuk melatih bahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com