Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Platfom Digital untuk Belajar Bahasa Korea Gratis

Kompas.com - 08/03/2021, 12:18 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Annyeonghaseyo, bagi kamu yang kini berkeinginan untuk belajar bahasa Korea namun terkendala waktu atau biaya untuk ikut kursus, ternyata masih ada banyak jalan untuk belajar bahasa Korea di mana dan kapan saja.

Demam K-pop dan K-drama memang punya andil besar mendorong keinginan belajar Bahasa Korea. Terlebih lagi, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke Korea juga terbuka lebar bila kamu paham bahasa negara yang satu ini.

Melansir laman Instagram Zenius Education, meski kini sudah banyak sekali tempat kursus Bahasa Korea, tetapi untuk kamu yang mungkin punya keterbatasan waktu dan biaya, beberapa platform digital rekomendasi Daysa, Campaign Operation Zenius, bisa jadi solusi.

Baca juga: Syarat Daftar S1 Universitas Pertahanan, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

"Semuanya bisa kamu akses kapan saja, dan gratis!" tulis akun Zenius.

Berikut 5 rekomendasi platform digital untuk belajar bahasa Korea gratis:

1. Youtube

"Talk to Me in Korean" atau "Learn Korean 24/7 with KoreanClass101" menjadi dua dari sekian banyak channel Youtube yang bisa kamu akses untuk belajar bahasa Korea gratis.

Belajar melalui Youtube cocok untuk kamu yang senang belajar secara audio dan visual. Terlebih, kedua channel tadi juga akan memberikan pengalaman secara langsung dari native speaker.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

2. Aplikasi belajar bahasa asing

"Duolingo" bisa menjadi pilihan aplikasi untuk belajar grammar dan struktur bahasa Korea.

Namun, aplikasi "HelloTalk" lebih cocok untuk kamu yang ingin langsung praktik berbicara bahasa Korea, karena akan membantu kamu ngobrol langsung dengan partner yang fasih berbahasa Korea.

Kamu bisa memilih aplikasi belajar bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin kamu capai.

3. Podcast

Untuk kamu yang suka belajar melalui audio podcast "Learn Korean with LinguaBoost" bisa dicoba.

Dari awal hingga akhir episode kamu akan dibimbing contoh-contoh percakapan sehari-hari dalam bahasa Korea. Mengerti percakapan harian bisa menjadi awal untuk lebih fasih berbahasa Korea.

Cara ini juga dapat membantu kamu saat berlibur ke Korea suatu saat nanti.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

4. Drama Korea

Drama Korea bisa menjadi media menyenangkan untuk belajar bahasa Korea. Kamu bisa belajar sambil menguras emosi, senyum-senyum sendiri dan ditemani pemeran favorit.

Salah satu drama rekomendasi Zenius untuk belajar bahasa Korea ialah "Sky Castle". Selain mendengarkan bagaimana percakapan sehari-hari, kamu juga bisa melihat bagaimana sistem pendidikan dan proses belajar para pelajar di Korea.

5. Website/ blog

Bagi kamu yang lebih memilih untuk membaca, blog "howtostudykorean.com" bisa segera dikunjungi. Ada lebih dari 100 jenis materi pembelajaran bahasa Korea di sini.

Mulai dari cara menulis Hangeul hingga list kosakata percakapan sehari-hari, yang akan membantu kamu lebih siap untuk berbahasa Korea dengan lebih fasih.

Baca juga: Beasiswa Kuliah S1 di Amerika Serikat, Senilai Rp 115 Juta Per Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com