Kompas.com - 08/03/2021, 12:01 WIB
. SHUTTERSTOCK.
|

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, banyak orangtua yang bekerja dari rumah. Karena lebih banyak waktu di rumah, maka pastinya akan selalu bertemu dengan anaknya.

Apalagi yang memiliki anak usia dini, selain bekerja, orangtua juga tetap memberikan pendampingan pada anaknya. Hanya saja harus bisa membagi waktu.

Tetapi, bagaimana mendidik anak usia dini dengan tepat? Anak usia dini selain terlihat aktif, ia juga senang melakukan eksplorasi.

Bahkan sesekali ia sulit diatur sehingga membuat kita tidak sabar dan marah. Namun orang tua hendaknya mampu menahan diri agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Baca juga: Bingung Tangani Permasalahan Anak Usia Dini? Begini Peran Orangtua

Orang tua harus menyadari bahwa cara mendidik anak usia dini sangat berbeda dengan usia remaja dan dewasa.

Hal ini disebabkan oleh perkembangan otak mereka belum sempurna, maka tidak heran jika kadang ia belum mampu memahami apa yang kita inginkan. Untuk itu orang tua perlu memahami bagaimana tips mendidik anak usia dini yang tepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merangkum akun Instagram Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (5/3/2021), ini 7 tips mendidik anak:

1. Beri kasih sayang yang cukup

Memberikan kasih sayang yang cukup adalah hal utama yang harus diberikan kepada anak. Tidak berlebihan namun juga tidak menjadi sosok yang otoriter.

Orang tua dapat mengekspresikan rasa sayang secara langsung, dengan tersenyum atau mengucapkan kata "orang tua Sayang Kamu" sesaat sebelum atau setelah bangun tidur.

2. Mengajak bermain bersama

Pembelajaran pada anak usia dini dilakukan melalui bermain. Misal mengenalkan huruf atau angka melalui permainan dengan menunjukkan gambar yang menarik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.