Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Unpad: Keberhasilan Studi Mahasiswa Perlu Dukungan Orangtua

Kompas.com - 23/08/2021, 19:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Rina Indiastuti mengatakan bahwa masa depan tidak hanya membutuhkan sumber daya manusia yang pintar sesuai bidang studi masing-masing.

Dibutuhkan juga lulusan atau sumber daya manusia yang memang cocok untuk masa depan baik keterampilan, kemampuan kolaborasi, hingga karakter baik dan kuat.

Rina mengatakan, para mahasiswa baru, termasuk mahasiswa baru Unpad, merupakan calon bintang di masa depan. Dalam arti, ketika mahasiswa lulus kuliah, mereka akan berkiprah di masyarakat dan menjadi bintang bagi bangsa Indonesia.

Baca juga: Langka, 9 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada Satu di Indonesia

“Kami optimistis, mahasiswa baru kami atau putra putri Bapak Ibu sekalian adalah calon bintang,” kata Rina dalam silaturahmi secara virtual dengan para orang tua mahasiswa baru 2021/2022, seperti dirangkum dari laman Unpad, Senin (23/8/2021).

Menurutnya, mereka yang terpilih menjadi mahasiswa Unpad adalah orang-orang terbaik yang telah terseleksi dari ratusan ribu pendaftar.

Karena itu ia berharap, dukungan harus terus diberikan oleh orangtua agar mahasiswa mampu menjalani studi dengan baik dan menjadi bintang pada waktunya nanti.

Ia mengatakan bahwa di masa depan, bukan hanya dibutuhkan sumber daya manusia yang pintar sesuai bidang studi masing-masing. Dibutuhkan juga sumber daya manusia yang memiliki keterampilan lain, termasuk keterampilan digital dan keterampilan menjadi pemimpin.

“Jadi nanti yang di kampus itu sifatnya menumbuhkan kolaborasi, menumbuhkan kreativitas, persuasi. Nah, itu keahlian masa depan. Jadi transformasi itu menyiapkan lulusan atau sumber daya manusia yang memang cocok untuk masa depan,” ujarnya.

Baca juga: Belajar Bahasa Korea Gratis dari Korea Foundation, Tunjangan Rp 12,6 Juta

Mahasiswa juga harus disiapkan memiliki karakter baik dan kuat. Menurut dia, untuk menumbuhkan karakter, butuh tanggung jawab bersama antara kampus, orangtua, dan berbagai pihak lainnya.

“Belajar di mana pun, kapan pun sebisa mungkin dalam proses penumbuhan karakter,” ujar Rini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com