Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Makanan Sehat Saat Pandemi ala Akademisi UGM

Kompas.com - 27/08/2021, 10:10 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat pandemi ini, banyak orang berupaya menjaga kesehatan. Selain olahraga teratur, asupan makanan bergizi juga penting.

Tentu, hal ini sebagai upaya pencegahan terjadinya penyakit Covid-19 maupun penyembuhan jika sudah terkena penyakit tersebut.

Dr. Mirza HST Penggalih, S.Gz., M.PH., RD dari Departemen Gizi Kesehatan FK-KMK UGM dalam bincang santai RAISA Radio memberikan tips memilih makanan sehat di masa pandemi.

Baca juga: Mahasiswa UGM Kembangkan Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Menurutnya, penerapan pola makan yang baik dan benar itu sebetulnya dengan menerapkan prinsip gizi seimbang dan isi piringku seperti yang sudah diatur juga oleh pemerintah.

"Jadi, isi piringku itu menggambarkan mengenai anjuran porsi dalam setiap kali makan," ujarnya seperti dikutip dari laman FK-KMK UGM, Kamis (26/8/2021).

Dalam sekali makan jumlah porsi sayuran dan buah sebanding dengan porsi nasi ditambah lauk-lauk. Dengan rincian piring berisi 1/3 porsi lauk pauk dan 2/3 porsi makanan pokok. Sebagian lagi 1/3 porsi buah dan 2/3 porsi sayur.

Aturan tersebut juga diharapkan tetap bisa dilakukan saat seseorang sedang isoman atau terjangkit penyakit virus Covid-19.

Namun memang saat virus tersebut masuk ke dalam tubuh, indra perasa sering hilang sehingga nafsu makan turun dan mengakibatkan tubuh kekurangan energi dan lemas.

Meskipun nafsu makan sering turun saat terjangkit virus Covid-19, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

1. Pertama, mencoba memilih makanan yang memiliki rasa manis dan asam, karena makanan tersebut biasanya memiliki rasa yang kuat dan sedikit bisa membangkitkan nafsu makan pasien.

2. Kedua, hindari, makanan yang berlemak tinggi, karena biasanya mengandung bahan inflamasi dan akan semakin memperparah penyakit itu sendiri.

Baca juga: 4 Sumber Makanan Pengganti Nasi, Siswa Sudah Paham?

3. Ketiga, untuk minuman bisa memilih jus yang rasanya asam seperti jus buah naga, jus jeruk maupun buah anggur.

4. Keempat, untuk penyediaan lauk bisa memilih berbagai masakan ungkep, pepes, ataupun lauk yang berbumbu tajam dengan olahan rempah.

 

Saat seseorang sudah terjangkit virus ini, biasanya kondisi tubuh sudah tidak memungkinkan untuk memasak dan mengolah masakan.

Sehingga alternatifnya pasti membeli makanan secara online. Pembelian makanan secara online ini juga sekarang perlu diperhatikan agar tidak salah memilih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com