Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi 3 Sekolah Kedinasan bagi Siswa IPS

Kompas.com - 16/09/2021, 08:02 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 terkadang masih bimbang hendak melanjutkan pendidikan dimana. Hal ini sangat wajar karena saat ini pendidikan tinggi banyak sekali pilihan.

Selain pilihan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, kamu juga bisa mempertimbangkan masuk ke sekolah kedinasan.

Sebelum memilih sekolah kedinasan untuk melanjutkan pendidikan, ada baiknya kenali dulu apa itu sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan lembaga pemerintahan seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Perhubungan, Badan Pusat Statistik, dan lain-lain.

Baca juga: Astra Buka Program Human Capital Trainee 2022 bagi Lulusan S1

Manfaat masuk sekolah kedinasan

Merangkum dari salah satu platform edukasi di Instagram @masukkampus, Rabu (15/9/2021), bagi siswa yang ingin masuk ke sekolah kedinasan tahun 2022, wajib mempersiapkan diri dari sekarang.

Persiapan sedini mungkin tentu memperbesar peluang masuk ke sekolah kedinasan. Apalagi peminat di sekolah kedinasan sangatlah banyak.

Ada banyak manfaat yang bisa diambil jika kamu berhasil lolos masuk sekolah kedinasan. Yang pasti sekolah kedinasan dinaungi kementerian terkait.

Selain itu sekolah kedinasan dikelola langsung oleh lembaga negara di Indonesia, biaya yang terjangkau, prospek kerja terjamin dan masih banyak manfaat lainnya.

Dengan berbagai macam tahapan tes yang akan ditempuh, mengharuskan calon siswa harus mempersiapkannya dengan maksimal.

Baca juga: Mendikbud Ristek Tegaskan 8 Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi

Rekomendasi sekolah kedinasan bagi siswa IPS

Untuk mengenyam pendidikan di sekolah kedinasan, tidak hanya diperuntukkan bagi lulusan IPA saja. Sekolah kedinasan juga terbuka untuk lulusan IPS. Berikut rekomendasi sekolah kedinasan bagi siswa jurusan IPS. Simak informasi berikut ini.

1. Politeknik Keuangan Negara-Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN-STAN)

Sekolah kedinasan ini menjadi tempat kuliah favorit bagi anak IPS. Tak hanya itu, anak IPA pun bisa juga masuk sekolah kedinasan yang satu ini.

Tahun 2021, salah satu syarat untuk mendaftar di sekolah kedinasan ini mempunyai skor UTBK yang masuk dalam kategori TPS ataupun TPA Soshum.

Baca juga: Ketika Nadiem Makarim Curhat di Hadapan Siswa SD di Yogyakarta

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN menjadi salah satu sekolah kedinasan yang bisa kamu coba untuk lulusan IPS. Untuk jenjang pendidikan yang disediakan yaitu tingkat D4 dan S1.

3. Politeknik Keimigrasian dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekim dan Poltekip)

Sekolah kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan Ham RI (Kemenkumham) bisa dicoba untuk kamu lulusan IPS. Lulusannya akan ditempatkan diberbagai kantor wilayah naungan Kemenkumham, seperti di kantor imigrasi dan lain sebagainya.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMK, D3, dan S1, Ayo Daftar

Itulah rekomendasi sekolah kedinasan bagi siswa IPS. Kamu perlu mempersiapkan diri sedini mungkin agar bisa lolos masuk ke sekolah kedinasan incaranmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com