Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Bercita-cita Jadi Pengusaha? Jurusan Kuliah Ini Bisa Dipilih

Kompas.com - 29/09/2021, 10:29 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Mengenal prospek kerja pada lima hingga sepuluh tahun mendatang menjadi salah satu aspek yang penting dilakukan saat memilih jurusan kuliah, di samping mempertimbangkan minat dan bakat.

Pasalnya, arah karier cukup dipengaruhi oleh jurusan yang kamu pilih dan kompetensi yang kamu dapatkan selama berkuliah. Untuk itu, mulailah menimbang-nimbang pekerjaan apa yang sekiranya akan kamu geluti bila lulus kuliah nanti.

Bila kamu bercita-cita menjadi pengusaha dengan cara membuka usaha sendiri, ada sejumlah jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan.

Merangkum laman platform edukasi Rencanamu.id, berikut sejumlah jurusan kuliah yang bisa kamu pilih bila ingin jadi pengusaha mengacu pada prospek usaha yang cerah:

Baca juga: Jurusan Kuliah Para Miliarder Dunia, Bill Gates hingga Mark Zuckerberg

1. Teknologi Informasi

Bisnis berbasis teknologi dapat berkembang pesat di era revolusi industri 4.0. Dengan pengetahuan dan kemampuan mengembangkan software, lulusan TI bisa membuat aplikasi bahkan mendirikan startup.

2. Pendidikan

Lulusan pendidikan bisa menjadi tutor dan mendirikan tempat bimbingan belajar, lembaga kursus hingga sekolah seperti KB, TK maupun TPA.

3. Ilmu Hukum

Jika sudah mengambil spesialisasi serta mendapatkan izin, lulusan hukum dapat menjadi notaris independen dan membuka praktik di bidang hukum.

Baca juga: Lulusan 8 Kampus Ini Cepat Dapat Kerja, Ada Kampus Kamu?

4. Teknik mesin

Lulusan teknik mesin dapat mendirikan usaha bidang jasa servis mesin, atau membuka usaha sebagai konsultan di bidang teknik.

5. Ilmu Komputer

Dengan pemahaman di bidang komputer, lulusan jurusan ini dapat mengembangkan bisnis seperti penjualan perangkat komputer, jasa perbaikan komputer hingga menciptakan hal baru di dunia perangkat seperti co-founder Google, Sergey Brin.

6. Manajemen Bisnis

Di jurusan ini kamu akan belajar tentang bisnis dan kewirausahaan, seperti strategi memasarkan usaha hingga pengelolaan uang untuk meningkatkan laba perusahaan dan juga nilai perusahaan.

Baca juga: Beasiswa BCA 2022, Kuliah Teknik Informatika Gratis bagi Lulusan SMA-SMK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com