Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2021, 11:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pola pikir seorang mahasiswa tentu berbeda ketika masih duduk di bangku sekolah.

Sebagai mahasiswa, harus menjadi sosok yang lebih mandiri dan mempunyai pendirian. Selain itu di masa kuliah juga menjadi kesempatan memperbanyak pengalaman.

Namun faktanya, proses transisi dari murid SMA menjadi mahasiswa memiliki banyak tantangan.

Masa transisi menjadi mahasiswa ini bukanlah tugas yang mudah. Dibutuhkan mental baja dan pola pikir visioner agar masa ini bisa dilewati dengan baik.

Baca juga: Anak Usaha Kalbe Farma Buka Lowongan Kerja Lulusan D3-S1, Ayo Daftar

Saat menjadi mahasiswa, kamu tidak hanya mengejar nilai akademik yang bagus tapi juga menjadi pribadi tangguh dan memiliki keterampilan hidup memadai.

Hal ini sangat penting karena menjadi modal saat memasuki dunia kerja setelah menyelesaikan studinya.

Melansir dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Sabtu (30/10/2021), memberikan beberapa tips agar bisa memiliki pemikiran atau mindset mahasiswa tangguh. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Tips miliki mindset mahasiswa tangguh

1. Jangan mudah menyerah

Sebagai seorang mahasiswa, jika mudah menyerah karena hal-hal sepele, berarti kamu belum siap menjadi mahasiswa. Pasalnya, saat memutuskan menjadi mahasiswa, akan ada banyak sekali tantangan untuk ditaklukkan.

Tanpa kemauan keras dan mental pantang menyerah, fase ini mungkin tidak bisa dilewati dengan mudah. Daripada fokus pada hal lain yang membuat lemah, sebaiknya tetap percaya pada diri sendiri bahwa semua bisa diselesaikan dengan mudah selama mau berusaha.

Baca juga: Tips Pemulihan Pasca-infeksi Covid-19 dari Dokter RSA UGM

2. Memiliki manajemen waktu yang baik

Siap menjadi mahasiswa berarti siap pula untuk menyelesaikan semua kewajiban sekaligus meningkatkan skill melalui kegiatan organisasi atau ekstrakurikuler. Inilah sebabnya dibutuhkan manajemen waktu yang baik agar semua tujuan bisa dicapai. Mahasiswa juga perlu menyusun skala prioritas yang tepat.

Sebagai seorang mahasiswa, tugas utamanya adalah belajar. Jika ingin mengikuti kegiatan lain untuk meningkatkan skill, pastikan kamu tahu mana yang harus diprioritaskan dan mana yang lebih penting. 

3. Rajin cari informasi baru terutama tentang teknologi

Jadi seorang mahasiswa era sekarang tidak boleh gagap teknologi (gaptek). Tidak ada salahnya jika rajin mencari informasi terkini tentang perkembangan teknologi. Mampu mengoperasikan berbagai teknologi terkini dengan baik merupakan salah satu cara bertahan paling ampuh di era digital.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com