Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jurusan Teknik untuk Perempuan, Apa Saja Itu?

Kompas.com - 15/11/2021, 08:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah tak bisa sembarangan. Jika salah pilih nanti akan berdampak pada ke depannya. Karenanya, memilih jurusan kuliah harus sesuai dengan hati nurani.

Terlebih bagi kaum hawa atau perempuan. Ada banyak pilihan jurusan kuliah yang bisa diambil. Tapi jika seorang perempuan suka dengan teknik, maka ada beberapa jurusan teknik yang bisa diambil.

Bidang teknologi dan prospek kerjanya membuat orang berlomba-lomba memasuki jurusan ini. Memang tidak banyak perempuan untuk memasuki jurusan teknik.

Baca juga: Ini 4 Kunci Sukses Memilih Jurusan Kuliah

Namun, kamu tak perlu khawatir karena tidak semua jurusan teknik didominasi pria, ada pula mahasiswi di dalamnya. Kira-kira, jurusan teknik apa saja, ya, yang diminati dan cocok untuk perempuan?

Mahasiswa teknik memang identik dengan lelaki. Hal ini sejalan dengan pekerjaannya yang dinilai berat dan sering terjun ke lapangan. Tak hanya fisik, jurusan teknik juga menuntut keseimbangan kecerdasan dan mental. Hal itu membuat jurusan ini sangat menantang.

Ada sejumlah alasan yang membuat para perempuan menempuh program studi teknik.

1. Jurusan teknik mempunyai prospek kerja yang bagus.

2. Jurusan ini dapat membuat kamu tahan banting.

3. Ilmu dan terapannya dapat dikembangkan lebih luas.

Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), ini 4 jurusan teknik untuk wanita atau perempuan:

Sistem Informasi

Sistem Informasi atau yang dikenal juga dengan SI adalah bidang ilmu interdisiplin. Ilmu ini merupakan gabungan dari ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen.

Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari cara identifikasi tahapan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data perusahaan.

Setelah itu, kamu diharapkan dapat merancang sistem sesuai kebutuhan perusahaan tersebut. Jadi, Sistem Informasi menuntut kamu untuk mempelajari ilmu bisnis, selain teknik pemrograman.

Baca juga: Tertarik Jurusan Kuliah Ekonomi Pembangunan, Ini Prospek Kerjanya

Teknik Industri, jurusan teknik untuk wanita

Menurut Institute of Industrial and System Engineering, Teknik Industri adalah ilmu yang mempelajari cara optimalisasi kegiatan manusia. Di dalamnya mencakup produksi, pengelolaan, dan ekonomi.

Setelah lulus dari Teknik Industri, kamu harus diharapkan dapat bertanggung jawab atas optimalisasi sistem produksi pabrik dan desain manajemen perusahaan secara optimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com