Kompas.com - 14/11/2021, 21:33 WIB
Ilustrasi air. FREEPIK/VALUAVITALYIlustrasi air.
|

KOMPAS.com - Air merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Seseorang bisa bertahan tanpa makan dalam beberapa hari. Namun kebutuhan terhadap air, bagi manusia menjadi sesuatu yang mutlak.

Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung yaitu Mayandi Daratamia, Rachma Sekar Utami dan Nita Arsela berhasil menuangkan gagasan mereka terkait konsep teknologi wastewater reuse atau pengolahan air limbah dalam rekayasa air berkelanjutan.

Baca juga: Unpad Buka Lowongan Kerja Jadi Tendik Tetap bagi Lulusan SMK-S1

Gagas teknologi wastewater reuse

Wastewater reuse merupakan pemanfaatan kembali air buangan dari proses pengolahan limbah untuk berbagai keperluan dan kegiatan.

Konsep ini telah berkembang di berbagai negara di dunia bahkan di negara-negara yang biasanya tidak dianggap memiliki kelangkaan air. Negara Amerika Serikat, Eropa Barat, Australia, dan Singapura merupakan negara-negara yang sedang populer menerapkan konsep ini.

Mayandi Daratamia menerangkan, konsep wastewater reuse penting untuk dikaji karena berkaitan dengan peningkatan kebutuhan air bersih yang tidak sejalan dengan ketersediaan air bersih.

"Apa lagi saat ini sumber air bersih terus mengalami penurunan. Baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya," terang Maydani seperti dikutip dari laman Itera, Minggu (14/11/2021).

Baca juga: Menko PMK Minta Unej Berpartisipasi dalam Penanganan Stunting

Cegah krisis air bersih

Menurut Maydani, IDEP Foundation menyatakan sebagai tujuan para wisatawan, Pulau Bali saat ini sedang mengalami krisis air bersih yang diakibatkan turunnya muka air tanah dan juga air permukaan.

Dia menekankan, kurangnya akses air bersih ini berbanding terbalik dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) ke-6 yaitu memastikan ketersediaan dan manajemen air bersih yang berkelanjutan dan sanitasi bagi semua.

Untuk itu, diperlukan suatu solusi yang dapat mengatasi permasalahan ini dan salah satunya adalah dengan konsep wastewater reuse. Air limbah yang dihasilkan oleh suatu kegiatan, baik itu domestik atau keperluan rumah tangga, dan non-domestik seperti kegiatan industri, perkantoran dan lain-lain.

"Air tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan kembali. Baik untuk digunakan dalam proses produksi industri, hingga sumber air minum, seperti di Singapura," imbuhnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.