Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2021, 07:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mengelola keuangan disetiap keluarga tidak mudah. Apalagi di masa pandemi ini. Masa sulit harus bisa diatasi dengan mengatur keuangan lebih baik.

Terkait hal itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Bersama Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mengadakan Webinar Nasional Cerdas Finansial Mengelola Keuangan di Era New Normal.

Acara yang diadakan secara daring pada Kamis (25/11/2021) menghadirkan narasumber Riwin Mirhadi, selaku Kepala Kantor OJK Purwokerto serta Prita Hapsari Ghozie, SE., Mcom., seorang CEO & Financial Planner.

Baca juga: Mahasiswa Unsoed Ciptakan Hand Sanitizer dari Daun Ini

Melansir laman Unsoed, webinar ini merupakan serangkaian acara Soedirman Investement Week 2021 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto bersama dengan Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed.

Webinar membahas terkait dengan mengelola keuangan dengan menghadirkan pemateri yang inspiratif. Prita menyatakan bagaimana pentingnya cara mengelola keuangan dengan baik.

Prita juga memberikan pandangan untuk dapat mengatur finansial di mana hal ini sangat diperlukan mengingat tantangan finansial akan selalu datang silih berganti khususnya dalam masa pandemi.

Dijelaskan dalam mengatur finansial atau cara atur keuangan, Prita berpendapat bahwa seseorang harus:

1. Piawai dalam menahan diri untuk tidak membeli barang yang tidak diperlukan.

2. Harus memiliki good money habit atau disebut juga dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa membawa diri kita sukses secara finansial.

Sedangkan kebiasaan-kebiasaan baik itu antara lain adalah:

1. Harus mengutamakan atau memperhatikan manfaat barang yang akan dibeli daripada harganya.

2. Kemudian disetiap bulannya disarankan untuk membuat anggaran bulanan atau disebut dengan monthly budget yang harus disisihkan untuk keperluan baik untuk dana investasi atau dana darurat.

Lebih lanjut disampaikan bahwa terdapat jenis-jenis pengeluaran seperti pengeluaran rutin bulan, tahunan, dan mendadak. Kita juga diberitahu metode sederhana cara mengalokasikan gaji.

Baca juga: Webinar Universitas Riau Bahas Tips Kelola Keuangan yang Cerdas

Lantas, rencana keuangan dengan jangka waktu tertentu seperti jangka pendek, menengah, dan panjang.

Prita juga memberitahu langkah-langkah untuk memulai investasi dengan tujuan bebas finansial dan memberitahu kesalahan-kesalahan apa saja yang biasanya dilakukan oleh investor pemula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com