Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama 2021, Mahasiswa Unhas Raih 28 Juara di Ajang Internasional

Kompas.com - 09/01/2022, 19:31 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama 2021, banyak prestasi yang sudah diraih mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas). Tak hanya di tingkat nasional, tetapi juga internasional.

Untuk meraih prestasi setinggi mungkin, baik akademik maupun non-akademik, Unhas merancang pembinaan bidang kemahasiswaan melalui fasilitasi dan dukungan untuk berprestasi pada berbagai bidang.

Menurut Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D., sepanjang 2021, mahasiswa Unhas memperoleh prestasi pada berbagai kegiatan lomba.

Baca juga: Unhas Inovasi Bumbu Penyedap Rasa Pakai Bahan Ini

Baik yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), maupun kegiatan lomba mandiri oleh institusi lainnya.

"Mahasiswa Unhas mencatatkan 321 medali kejuaraan dan lomba, dimana 129 medali atau 40,18 persen diantaranya merupakan juara pertama atau medali emas," ujarnya dikutip dari laman Unhas, Minggu (9/1/2022).

Sedangkan untuk jumlah mahasiswa Unhas yang terlibat pada kegiatan yang memperoleh juara dan medali mencapai 621 orang.

Sedangkan cakupan lomba dan kejuaraan tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan level sebagai berikut:

1. Tingkat lokal

Lomba/Kejuaraan tingkat Lokal, Unhas meraih 65 medali, yang melibatkan 77 mahasiswa. Sebanyak 33 medali (50,76 persen) diantaranya adalah juara pertama/medali emas.

Baca juga: Webinar Unhas Bahas Varian Baru Covid-19 dan Efikasi Vaksin

2. Tingkat regional

Lomba/Kejuaraan tingkat Wilayah/Regional, Unhas meraih 8 medali, yang melibatkan 8 mahasiswa. Sebanyak 5 medali (62,5 persen) diantaranya adalah juara pertama/medali emas.

3. Tingkat nasional

Lomba/Kejuaraan tingkat Nasional: Unhas meraih 220 medali, yang melibatkan 441 mahasiswa. Sebanyak 78 medali (35,45 persen) diantaranya merupakan juara pertama/medali emas.

4. Tingkat internasional

Lomba/Kejuaraan tingkat Internasional, Unhas meraih 28 medali, yang melibatkan 95 mahasiswa. Sebanyak 13 medali (46,42 persen) diantaranya merupakan juara pertama/medali emas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com