Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Chef dan Koki, Siswa Sudah Tahu Belum?

Kompas.com - 24/01/2022, 05:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian masyarakat tentu beranggapan bahwa chef dan koki itu sama, yakni bermakna juru masak. Padahal, sebenarnya kedua profesi itu berbeda.

Meski sama-sama bekerja di dapur, tapi ternyata berbeda. Lantas apa perbedaan chef dan koki? Apakah siswa atau mahasiswa sudah paham?

Melansir laman Quipper, chef adalah seorang juru masak profesional, biasanya berperan sebagai kepala juru masak di restoran atau hotel.

Baca juga: Perbedaan Sedih dan Depresi, Mahasiswa Sudah Paham?

Sedangkan koki adalah seseorang yang menyiapkan dan memasak makanan, khususnya dilakukan sebagai pekerjaan atau dengan kata lain disebut juru masak.

Perbedaan chef dan koki

Adapun perbedaan mendasar antara chef dan koki yaitu peran dan tanggung jawab ketika bekerja. Seorang chef berperan sebagai kepala koki yang bertanggung jawab terhadap berbagai kegiatan di dapur, mulai dari:

  • pengelolaan SDM
  • pengendalian bahan baku
  • pengembangan menu masakan
  • sampai dengan pengelolaan biaya belanja dapur

1. Etimologi

Dari segi etimologi, chef berasal dari bahasa Perancis yaitu chief yang berarti kepala, lengkapnya adalah chief de cuisine (kepala dapur). Sedangkan koki berasal dari bahasa Inggris yakni cook yang berarti juru masak.

2. Pendidikan

Untuk menjadi chef, tentu perlu melewati tahap pendidikan di sekolah tinggi yang menyediakan Jurusan Tata Boga selama 2 tahun (D1) hingga 4 tahun (S1). Pendidikan ini dilalui dengan teori dan praktik memasak sekaligus.

Baca juga: Siswa, Ini Lho Penjelasan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Sedangkan koki biasanya mendapatkan keahliannya dari pengalaman memasak suatu masakan hingga mampu memasak dengan baik.

3. Tingkatan

Chef memiliki jenjang jabatan yang berbeda-beda. Tingkatan ini menentukan peran dan tanggung jawab masing-masing ketika bekerja.

4. Tanggung jawab chef

Chef berperan dalam pembuatan dan pengembangan menu di restoran atau menu hotel, melakukan manajemen dapur, kemudian memastikan rasa setiap masakan yang dibuat sudah sesuai.

Selain itu, chef juga bertanggung jawab menjaga ketersediaan bahan baku, dan menyediakan waktu untuk meningkatkan kemampuan chef di bawahnya.

Sedangkan koki bekerja berdasarkan tugas yang terdelegasi kepadanya, tetapi bukan berarti tanggung jawabnya kecil. Karena koki juga harus memastikan masakan yang didelegasikan kepadanya bisa terselesaikan dengan baik.

Baca juga: Humas Unej: Ternyata Masih Banyak Siswa Bingung Pilih Jurusan Kuliah

5. Gaji

Perbedaan tanggung jawab antara koki dan chef tentunya mempengaruhi perbedaan gaji yang diperoleh.

Seorang chef dapat mengantongi gaji Rp 5 juta, bahkan bisa jauh lebih besar dari angka tersebut tergantung posisi dan tempat ia bekerja. Sedangkan koki umumnya mendapat gaji sebesar Rp 3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com