Kompas.com - 21/01/2022, 12:17 WIB
|

KOMPAS.com - Sebagai siswa tentu harus paham mengenai dasar negara Indonesia, yakni Pancasila. Apalagi siswa SD saat ini harus hafal dengan lima sila Pancasila.

Sebagai salah satu mata pelajaran PKn, maka harus paham lebih dalam mengenai Pancasila. Seperti sejarah Pancasila, bagaimana Pancasila dibentuk dan ditetapkan.

Bagi siswa sekolah yang sedang belajar mengenai Pancasila, berikut ini dijelaskan mengenai Pancasila.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Pentingnya Bela Negara dan Nilai-nilai Pancasila

Informasi dirangkum dari laman Sumber Belajar Kemendikbud Ristek. Berikut ini dijelaskan penetapan Pancasila dan sidang PPKI.

Persiapan dibentuk Pancasila

Perlu diketahui, Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah sebuah badan yang dibentuk untuk merumuskan dasar negara yaitu Pancasila.

Pancasila sebagai dasar negara merupakan hasil perjuangan para pendiri negara. Mereka adalah orang-orang yang berjuang untuk mendirikan bangsa dan negara Indonesia. Jasa-jasanya sudah seharusnya kita kenang.

Seperti yang diucapkan oleh Proklamator Kemerdekaan Indonesia Ir. Soekarno: "Jangan sekali-kali melupakan sejarah".

Tentu, pernyataan tersebut mengandung arti untuk tidak melupakan sejarah perjuangan bangsa, dan merupakan kewajiban seluruh warga negara sebagai bangsa Indonesia.

Penetapan Pancasila dalam sidang PPKI

Adapun sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dilaksanakan pada 18 Agustus 1945 di gedung Kesenian Jakarta.

Sidang pembukaan dilaksanakan oleh:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.