Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Perlu Disiapkan Siswa SMA Sebelum Kuliah

Kompas.com - 24/01/2022, 07:02 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa baru, artinya perlu beradaptasi dengan dunia baru. Ada masa peralihan dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) ke bangku kuliah.

Meskipun sama-sama menuntut ilmu, tapi keduanya tentu berbeda. Mulai dari pertemanan, lingkungan, keilmuan, organisasinya dan banyak hal yang berbeda

Ketika berada di kampus, kamu akan dituntut untuk mandiri, bertanggung jawab, dan serba bisa.Tidak hanya itu, kamu juga harus memiliki skill penting untuk mendukung kegiatan perkuliahan.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Cerdas secara Emosional

Oleh karena itu, sebelum jadi mahasiswa di bangku kuliah, penting buat kamu memiliki beberapa skill berikut, agar kamu bisa menjalani perkuliahan dengan lancar.

Kira-kira apa saja? Berikut tipsnya dilansir dari laman Ruangguru Minggu (23/1/2022).

1. Bertanggung jawab

Kalau dulu di sekolah menengah kamu wajib hadir di kelas setiap hari, tetapi saat menjadi mahasiswa nanti kamu punya keuntungan untuk bisa memilih apakah mau hadir ke kelas atau tidak.

Biasanya, kamu akan diberi jatah untuk tidak masuk kelas sebanyak 2 kali dalam 1 semester untuk setiap mata kuliah. Tetapi aturan ini tergantung kebijakan kampus masing-masing.

Belum tentu semua kampus seperti itu. Jatah bolos ini biasanya dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk melewatkan kelas yang dianggap tidak perlu.

Namun sebenarnya, kehadiran di kelas itu sangat penting untuk masa depan kamu. Kalau kamu memutuskan bolos tapi ternyata ada kuis dadakan? Jadi sebaiknya, sebelum kamu menjadi mahasiswa, coba biasakan dirimu untuk bertanggung jawab.

Sehingga nanti saat kamu sudah jadi mahasiswa, kamu akan terbiasa bertanggung jawab atas segala pilihan yang sudah kamu buat.

Baca juga: Beasiswa Cargill 2022 bagi Mahasiswa S1, Tunjangan hingga Rp 35 Juta

Termasuk pilihan kamu atas kelas-kelas yang ada di bangku perkuliahan. Kalau kamu biasa bertanggung jawab, kamu pasti tidak akan mau bolos.

Kecuali. kalau kamu memang sedang sakit atau ada halangan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Dengan rajin masuk kelas, kemampuanmu dalam bertanggung jawab juga akan semakin terlatih. 

2. Kemampuan berkomunikasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com