Kompas.com - 14/11/2021, 21:12 WIB

KOMPAS.com - Kecerdasan manusia, tidak hanya diukur dari kecerdasan intelektual melalui tes IQ. Tes IQ berguna untuk mengukur kemampuan akademik dan memprediksi kemampuan saat bekerja.

Namun apakah kamu pernah mendengar kecerdasan manusia lainnya, yaitu kecerdasan emosional atau EQ?

Menurut Goleman (2017), kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur emosi, menjaga emosi, dan pengungkapan melalui kesadaran diri, pengendalian diri, empati, motivasi diri, dan keterampilan sosial.

Baca juga: Sering Emosi Hadapi Anak? Ini Cara Atasinya

Meskipun tidak seterkenal kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional berperan penting dalam mengenali emosi yang kamu rasakan. Selain itu, kecerdasan emosional juga memberikan perasaan empati dan peka terhadap lingkungan di sekitar kamu.

Jika kamu memiliki kecerdasan emosional yang baik, kamu akan mudah mengatasi permasalahan sosial yang ada di lingkungan kamu. Selain itu, kecerdasan emosi dapat memberikan kesehatan mental yang stabil.

Lalu apa saja ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan emosional? Dilansir dari laman Brainacademy, ini 5 ciri yang perlu kamu perhatikan.

Kontrol diri

Kontrol diri adalah serangkaian proses yang dapat membentuk psikologi, fisik, dan pola perilaku pada individu sehingga individu dapat menentukan perilaku yang keluar berdasarkan standar tertentu, seperti moral, aturan masyarakat, dan nilai yang dianut oleh masyarakat agar dapat mengarah ke perilaku yang positif.

Kontrol diri menjadi penting saat individu berinteraksi dengan orang lain, atau lingkungannya, apalagi jika mereka dihadapkan dengan lingkungan dan budaya baru.

Individu yang tidak memiliki kontrol diri akan sulit mengendalikan emosinya. Mereka cenderung untuk cepat marah, memberontak, gampang terpengaruh dengan lingkungannya, sehingga mereka dapat menciptakan masalah dengan sekitarnya. Lebih parah, dapat mengakibatkan individu berperilaku kriminal.

Terdapat 5 aspek kontrol diri, meliputi:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.