Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Intip 20 Jurusan SMK Paling Diminati dan Bergaji Tinggi

Kompas.com - 23/02/2022, 14:27 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Siswa SMK setelah lulus selain bisa langsung bekerja juga bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Bagi siswa yang memutuskan langsung bekerja, hal tersebut sangat mungkin terjadi. Pasalnya siswa SMK sudah dibekali dengan keterampilan yang pasti diterapkan di dunia kerja.

Bagi siswa SMP yang memilih melanjutkan pendidikan di SMK, ada sejumlah jurusan yang paling banyak diminati di jenjang SMK. 

Merangkum dari laman Brain Academy, Rabu (23/2/2022), berikut 20 jurusan di SMK yang memberikan peluang kerja menjanjikan setelah lulus.

Baca juga: Adaro Energy Buka Lowongan Kerja D3/S1 Fresh Graduate, Yuk Daftar

1. Akuntansi

Sudah dipastikan semua perusahaan memerlukan jasa akuntan. Jadi tidak perlu khawatir peluang kerja bagi lulusan jurusan Akuntansi. Gaji staf akuntan lulusan SMK berkisar antara Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per bulan.

2. Administrasi Perkantoran

Lulusan SMK Administrasi Perkantoran bisa bekerja di berbagai bidang profesi. Mulai dari admin, sekretaris hingga resepsionis. Jurusan ini cocok untuk kamu yang cekatan dan teliti.

3. Desain Grafis / Multimedia

Di era modern, lulusan SMK jurusan Multimedia banyak dibutuhkan. Siswa diajarkan cara menyajikan teks, gambar, serta video dengan software design seperti Adobe Photoshop atau After Effects. Jurusan ini cocok untuk kamu yang berjiwa kreatif. Kamu bisa bekerja sebagai designer, videographer, video editor, animator, dan masih banyak lagi.

4. Farmasi

Setelah lulus dari jurusan Farmasi di SMK, kamu sudah siap bekerja sebagai asisten apoteker. Selain itu kamu juga bisa melanjutkan kuliah dengan jurusan yang linier.

5. Keperawatan

Masih berhubungan dengan dunia kesehatan, SMK Keperawatan menjadi incaran para siswa. Hal ini didukung oleh prospek kerja yang terbuka lebar. Lulusan SMK Keperawatan bisa menjadi asisten perawat, asisten laboratorium, asisten dental, atau perawat homecare. Gaji perawat homecare sendiri bisa mencapai Rp 5 hingga Rp 7 juta per sebulan.

Baca juga: Pakar UM Surabaya Ungkap Bahaya Penggunaan Minyak Goreng Berulang Kali

6. Kimia Analisis

Setelah lulus kamu berpeluang menjadi staf laboratorium, research and development, analis mikrobiologi, quality control, dan quality assurance. Lulusan SMK Kimia Analisis juga setara dengan D1 lho.

7. Teknik Logistik

Teknik Logistik mempelajari manajemen aliran barang dan modal sesuai dengan permintaan pasar. Jangan khawatir dengan prospek kerjanya. Lulusan SMK Teknik Logistik dapat berkarier di bidang transportasi dan distribusi sebagai staf ekspor impor, sales, procurement, staf operasional hingga menduduki posisi manajer.

8. Bisnis dan Pemasaran

Siswa yang memilih jurusan Bisnis dan Pemasaran di SMK akan dibekali dengan keterampilan mengelola bisnis online, penataan produk, perdagangan ritel, inovasi produk, dan administrasi transaksi.

9. Pelayaran

Jika memilih jurusan ini kamu akan mempelajari dasar-dasar pelayaran, perawatan kapal, kecakapan bahari, prosedur darurat, kompas dan kemudi, teknologi informasi, IPA, dan bahasa inggris. Kamu mempunyai kesempatan untuk bekerja sebagai nahkoda, staf pelabuhan, atau teknisi kapal.

10. Perhotelan

Di SMK Perhotelan, kamu belajar berbagai hal. Mulai dari komunikasi, sanitasi, bahasa asing, tata boga, housekeeping, administrasi perhotelan, dan pariwisata. Kamu bisa menjadi resepsionis, asisten koki, concierge, room service, event planner, dan lain-lain.

Baca juga: Inovasi Mahasiswa Unpad, Bikin Produk Skincare Bisa Dimakan dan Minum

11. Perbankan dan Keuangan Syariah

Setelah lulus, siswa SMK Perbankan dan Keuangan Syariah akan bekerja sebagai teller, customer service, atau staf administrasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com