Kompas.com - 22/02/2022, 07:19 WIB

KOMPAS.com - Saat ini banyak sekali produk perawatan dan kecantikan bisa bebas dibeli baik di toko online maupun offline.

Namun sebagai konsumen yang cerdas harus tahu memilih produk sesuai kebutuhan dan keamanan bahan yang digunakan dari produk skincare tersebut.

Jika biasanya produk kecantikan menggunakan bahan alami yang aman digunakan, mahasiswa Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Universitas Padjadjaran (Unpad) membuat inovasi lain yakni produk skincare yang bisa dimakan dan minum.

Produk edible skincare buatan mahasiswa Unpad ini berupa masker wajah. Masker edible ini diyakini dapat merawat kulit dari luar dan dalam tubuh.

Baca juga: Adaro Energy Buka Lowongan Kerja D3/S1 Fresh Graduate, Yuk Daftar

Produk kecantikan bisa dimakan dan diminum

Para mahasiswa yang terlibat dalam inovasi ini yaitu Christopher Verrell, Lintang Haqni, Hilman Mulkya Zdikri, dan Putri Armelia. Produk skincare buatan mereka diberi nama 'Skintella'.

"Kalau dipakai sebagai masker berarti kita merawat secara eksternal. Sedangkan saat dikonsumsi berarti menutrisi kulit dari dalam," kata Verrell seperti dikutip dari laman Unpad, Selasa (22/2/2022).

Verrell mengungkapkan, produk ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit, terutama bagi mereka yang memilih skincare berbahan dasar alami.

Saat ini Skintella memiliki satu varian masker, yaitu Soothing Chocorganic. Varian ini berbahan dasar susu kambing dan bubuk kakao, yang dapat melembabkan dan menutrisi kulit.

Selain itu, masker ini juga mengandung berbagai bahan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit yaitu activated charcoal, Centella asiatica (pegagan), gula kelapa, bubuk oat, dan bubuk cinnamon (kayu manis).

Baca juga: Dosen Unesa: Pahami Fungsi Hipotalamus agar Belajar di Rumah Optimal

Bubuk masker bisa sebagai bahan kue

Masker dari Skintella ini berbentuk bubuk dari proses dry mix. Untuk perawatan eksternal, masker dapat dicampur air untuk kemudian dioleskan diwajah dan dibilas. Sementara untuk perawatan dari dalam, masker dapat dijadikan minuman atau bahan campuran makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.