Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNJ Wisuda 1.905 Lulusan Tahun Akademik 2021/2022 Secara Virtual

Kompas.com - 30/03/2022, 18:36 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mewisuda 1.905 lulusan yang berasal dari Program Diploma, Sarjana, Magister hingga Doktoral untuk tahun akademik 2021/2022. Wisuda dilaksanakan secara daring pada 30 Maret 2022.

Pada wisuda kali ini UNJ mengangkat tema “Meraih Keunggulan untuk Membangun Kemandirian”.

"Topik ini dicetuskan untuk menggugah kita semua bahwa menjadi perguruan tinggi terbaik tidak cukup dengan predikat unggul saja, tetapi perlu diikuti dengan kemandirian universitas," jelas Rektor UNJ Prof. Komarudin melalui rilis resmi (30/3/2022).

Pondasi kemandirian universitas ini dinilai penting, lanjut Prof. Komarudin, terutama dalam upaya UNJ menuju PTN-BH.

Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ dalam pidatonya menyampaikan pintu pembuka kemandirian universitas adalah otonomi perguruan tinggi, salah satunya melalui status PTN-BH.

Dengan PTN-BH perguruan tinggi dituntut mampu mentransformasikan dirinya menjadi research university, innovative and entrepreneurial university, serta menjadi garda terdepan penjaga marwah dan dan kedaulatan bangsa.

Lebih lanjut Rektor UNJ menjelaskan, untuk mewujudkan kemandirian universitas setidaknya ada 4 modal utama yang harus diperhatikan, yaitu: (1) kesiapan modal identitas/penciri universitas; (2) modal manusia; (3) sumber daya teknologi informasi; dan (4) sumber daya organisasi.

"Selain itu, perubahan mindset dan mental untuk berubah juga sangatlah penting", tegas Prof. Komarudin.

“Dengan gelar akademis yang berhasil disandang mereka dan dengan kompetensi yang diraih, kami mengharapkan lulusan UNJ dapat mengamalkan ilmu yang dimiliki, menapaki karier dan kembali ke tengah masyarakat, serta memberikan kontribusi yang terbaik untuk bangsa dan negara,” pesan Prof. Komarudin

Wisuda 1.905 lulusan 

Baca juga: 3 Pola Pembelajaran untuk Latih Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus

Pada prosesi wisuda tahun akademik 2021/2022, UNJ mewisuda 1.905 lulusan yang berasal dari Program Diploma, Sarjana, Magister hingga Doktoral.

Adapun sebagai berikut rincian lulusan sebagai berikut:

  • Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP): 314 wisudawan.
  • Fakultas Bahasa dan Seni (FBS): 216 wisudawan.
  • Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA): 236 wisudawan.
  • Fakultas Ilmu Sosial (FIS): 230 wisudawan.
  • Fakultas Teknik (FT): 303 wisudawan.
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK): 193 wisudawan.
  • Fakultas Ekonomi (FE): 173 wisudawan.
  • Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi): 77 wisudawan.
  • Pascasarjana: 163 wisudawan.

Turut hadir tamu, baik luring maupun daring, yaitu Ketua Dewan Penyantun UNJ, Ketua Ika UNJ, Duta Besar LBBP RI untuk Indonesia, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedubes RI di Paris, Ketua dan anggota Dewan Pengawas UNJ.

Selain itu hadir pula Plt. Dirjen Dikti Kemdikbudristek RI, Ketua KOI, Kepala BNN RI, Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Kepolisian RI, Gubernur DKI Jakarta, Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu.

"Selamat berjuang di masyarakat, selamat bekerja keras, selamat berproses menapaki jejak-jejak kehidupan. Jaga selalu almamater UNJ di manapun kalian berada," pesan Prof. Komarudin menutup pidato sambutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com