Kompas.com - 30/03/2022, 15:10 WIB

KOMPAS.com - Sudah empat tahun, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Lembang konsisten menyelenggarakan program Beasiswa Umrah untuk para siswanya yang telah lulus Munaqosah Tahfidz Alquran.

Tahun 2022 ini, tiga siswa penghafal Alquran yakni Siti Apriliani kelas XI IPS 5, Dina Susilawati (XI IPS 1), dan Nazwa Manfalutfi A. (XI MIPA 2) terpilih melaksanakan ibadah umrah. Termasuk satu staf tata usaha, Kusnadi Hidayat.

Dilansir dari laman Disdik Jabar, mereka berangkat ke Tanah Suci pada 14 Mei 2022 bersama dua angkatan (6 siswa 2 guru/tenaga kependidikan) penerima beasiswa tahfiz sebelumnya yang tertunda karena Covid-19.

Baca juga: Mahasiswa Butuh Biaya Kuliah dan Hidup? Daftar Beasiswa Pertamina 2022

Dana umrah dari hasil infak warga sekolah

Kepala SMAN 2 Lembang, Lina menjelaskan bahwa program tersebut menegaskan salah satu visi SMAN 2 Lembang, yaitu "Membentuk Insan Akademis yang Religius, Unggul, Kompetitif, dan Berwawasan Lingkungan".

"Sudah empat tahun SMAN 2 Lembang konsisten menyelenggarakan program ini," ujarnya seperti dilansir dari laman Disik Provinsi Jabar, Rabu (30/3/2022).

Kuncinya, kata Lina, adalah komitmen dan konsistensi. Dengan demikian, pihaknya pun mendapatkan trust (kepercayaan) penuh dari warga sekolah, tak terkecuali orang tua siswa.

"Orang tua sangat mendukung, bahkan ada yang sengaja seminggu atau sebulan sekali sengaja datang ke sekolah untuk berinfak," ungkapnya.

Melalui program beasiswa umrah, Lina menilai ada banyak pendidikan karakter yang diterima oleh siswa. Mulai dari pembiasaan membaca Al Qur'an, meningkatkan jiwa kompetitif, dan berbagi.

Baca juga: Sosok Teguh Juliawan, Kepala Sekolah Inspiratif Tingkat Nasional 2021

Sumber dana beasiswa sendiri merupakan hasil infak seribu rupiah sehari dari seluruh siswa SMAN 2 Lembang.

Meski demikian, pihaknya tetap menjunjung toleransi. Pihaknya tak memaksakan program tersebut diikuti oleh siswa nonmuslim.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.