Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/04/2022, 21:56 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan menjadi kewajiban umat Muslim. Di Indonesia, umat Muslim berpuasa dengan durasi kurang lebih 13-14 jam.

Berpuasa tidak hanya menahan rasa lapar dan haus sejak sahur hingga waktunya berbuka. Namun berpuasa juga memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

Agar tubuh tetap fit dan lancar menjalankan puasa selama satu bulan, pola makan tetap harus dijaga.

Terlebih dalam mengonsumsi air minum agar tubuh tidak dehidrasi saat menjalankan puasa dan beraktivitas seperti biasa. Sangat disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan dan minuman bernutrisi saat sahur maupun berbuka.

Baca juga: Daftar 22 Sekolah Kedinasan Kemenhub 2022, Ini Syarat dan Biayanya

Buah dan sayur tingkatkan antioksidan

Menurut Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (Unpas) Trias Nugrahadi, tidak sulit memenuhi kebutuhan nutrisi ketika puasa.

Saat berpuasa, masyarakat harus memastikan menu yang dikonsumsi mengandung:

  • karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin
  • Mineral.

"Sangat penting memperhatikan asupan gizi selama berpuasa," terang Trias Nugrahadi seperti dikutip dari laman Unpas, Sabtu (9/4/2022).

Manfaat buah dan sayur

Dia menekankan, penting sekali mengonsumsi buah dan sayur untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Trias menerangkan, buah dan sayur memiliki kandungan antioksidan tinggi. Sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kronis, seperti:

1. Kanker

2. Menurunnya fungsi ginjal

3. Penyempitan pembuluh darah.

Baca juga: Cerita Mahasiswa Penyandang Tunarungu Unpad, Ingin Jadi Penemu

Terapkan pola minum sehat 2-4-2 saat puasa

Ia juga mengimbau selama menjalankan ibadah puasa, masyarakat juga harus memperbanyak konsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin A, C, D, dan Zinc.

Jika sumber vitamin yang diperlukan tubuh terpenuhi, maka dapat mengurangi rasa lelah, lemas, kantuk, pusing, dan dehidrasi saat puasa.

"Salah satu makanan yang banyak mengandung zinc adalah telur. Baik putih telur atau kuning telur. Dalam sebutir telur, setidaknya terkandung lima persen Zinc dari total kebutuhan harian," beber Trias.

Trias menegaskan, selain makanan, salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah kuantitas minum air putih selama berpuasa. Masyarakat harus tetap memenuhi anjuran minum 2 liter air per hari menggunakan pola 2-4-2.

Diawali dua gelas waktu berbuka, 4 gelas di sela-sela makan berat dan sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

Baca juga: Ini Ketentuan Upload Berkas Saat Daftar Sekolah Kedinasan 2022

Untuk menambah cadangan cairan, ia merekomendasikan buah pisang dan semangka, apalagi di tengah cuaca yang panas. Selain itu masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, dianjurkan untuk mengurangi gorengan, makanan tinggi lemak, dan mengandung gula tambahan.

"Sebisa mungkin hindari kopi dan teh ketika sahur. Karena kita bakal lebih sering buang air kecil dan mengurangi cairan tubuh," tutup Trias.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com