Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Hukum Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2022, Unair Peringkat 1

Kompas.com - 13/04/2022, 10:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika saat ini kamu sedang mendaftar kuliah dan berminat memilih jurusan hukum, maka kamu bisa memanfaatkan data pemeringkatan dunia Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) by Subject 2022 yaitu pada Subject Law.

Untuk posisi pertama, ada Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) yang kembali menorehkan prestasi dengan menempati peringkat #1= di Indonesia dan #101-150 di dunia.

Menurut Dekan FH Unair Iman Prihandono pencapaian ini merupakan pencapaian tertinggi selama hampir 70 tahun FH Unair berdiri.

“Capaian ini merupakan capaian luar biasa yang artinya kita selevel dengan fakultas hukum terbaik di dunia yang diakui oleh stakeholder yang ikut dalam QS WUR 2022,” jelas Iman.

Baca juga: 4 Kampus Jurusan Kedokteran Terbaik Indonesia 2022 QS WUR by Subject

Iman menjelaskan bahwa ada empat hal yang dinilai QS WUR 2022 untuk menentukan peringkat, yaitu employer reputation, academic reputation, citations, dan h-index. FH Unair memperoleh poin tertinggi pada employer reputation.

“Poin employer reputation tertinggi dibanding poin lainnya karena alumni-alumni FH Unair banyak yang menduduki posisi-posisi penting baik di level nasional maupun internasional dan pengguna alumni FH Unair baik instansi pemerintah maupun swasta merasa puas dengan kualitas lulusan kita,” jelas Iman.

Berdasarkan data QS WUR 2022 sendiri, poin penilaian untuk employer reputation FH UNAIR mencapai angka 81,0.

Selain itu, untuk academic reputation sebanyak 63,6 poin, citations sebanyak 62 poin, dan terakhir h-index sebanyak 51,24 poin.

“Kekuatan terbesar FH Unair adalah employer reputation sehingga kedepan kita akan membuat strategi agar bisa lebih dekat dengan industri dimana lulusan kita bekerja,” jelas Iman. 

Baca juga: Pakar Unair: Begini Aktivitas Otak Saat Menjelang Kematian

Ia melanjutkan, FH Unair ke depan yang akan lebih intensif membangun kerja sama dengan asosiasi-asosiasi profesi seperti pengacara dan notaris, Mahkamah Agung RI, Kejaksaan RI, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, kementerian, swasta, dan lain-lain.

FH Unair juga akan terus memperkuat database alumni, membuat alumni gathering, juga membuat kelas-kelas alumni agar alumni selaku praktisi hukum bisa berkontribusi dalam pendidikan hukum.

Termasuk menguatkan academic reputation, meningkatkan citations, dan meningkatkan h-index.

Daftar jurusan hukum terbaik di Indonesia versi QS WUR 2022

1. Unair

Ranking dunia: 101-150

2. Universitas Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com