Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Situs untuk Tingkatkan Kemampuan Bicara Bahasa Inggris dari Rumah

Kompas.com - 18/08/2022, 14:05 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu hal penting yang perlu dikuasai mahasiswa maupun fresh graduate.

Penguasaan bahasa Inggris dapat memperlebar kesempatan kamu meraih beasiswa pendidikan ke luar negeri, meningkatkan karier, menambah wawasan, memahami teknologi, hingga liburan ke luar negeri.

Cara terbaik dalam menguasai bahasa Inggris ialah dengan banyak berlatih. Kabar baiknya, semakin berkembangnya teknologi, membuat media pembelajaran bahasa Inggris semakin banyak.

Bahkan, sejumlah situs memungkinkan kamu untuk berbicara langsung dengan penutur aslinya (native speaker) untuk meningkatkan kemampuan "speaking" atau bicara dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Beasiswa Juara 2022 Kemendikbud-Lotte, Beri Biaya Kuliah hingga Rp 200 Juta

6 Situs belajar bahasa Inggris dari rumah

Berikut sejumlah situs yang dapat membantu kamu melatih kemampuan berbahasa Inggris dari rumah, dilansir dari laman Instagram lembaga Bahasa Inggris untuk Study Abroad @titiknolenglish:

1. Nailafarhana.com

Situs ini diluncurkan oleh Naila Farhana. Youtube asal Indonesia ini memberikan kemudahan bagi banyak orang dalam melatih bahasa inggrisnya. Dia intensif memberikan tips dan trik yang mudah dipahami, menjelaskan dalam bahasa Indonesia pada channel YouTube-nya, dan model pembelajaran yang santai, tetapi menarik.

Dengan mengusung misi “Let me help you learn English the fun way!,” Naila menawarkan cara berbahasa inggris dengan polyglot yakni belajar tahap demi tahap secara otodidak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan belajar sendiri dengan materi yang disediakan oleh Naila.

Situs online belajar bahasa Inggris Situs online belajar bahasa Inggris

Baca juga: Ingin Lebih Lancar Bahasa Inggris? TBI: Bisa dengan Menonton Film

2. Interpals.net

Dengan mengusung misi “to help people meet friends from all over the world for free,” situs ini hadir sebagai wadah bagi banyak orang untuk mencari teman dan belajar bahasa asing secara gratis.

InterPals memberikan kemudahan bagi orang-orang yang ingin belajar bahasa asing dengan menemukan teman dari seluruh dunia. Mereka dapat saling berkirim pesan, mencari teman di lokasi perjalanan, dan berkomunikasi dengan penutur asli.

3. Livemocha.com

Situs ini menyediakan sistem messaging dan voice chat dalam puluhan bahasa asing dengan sangat lancar. Kamu bisa belajar bahasa asing dan chatting dengan pengguna internet dari berbagai belahan dunia.

Kamu sendiri dapat mencari native speaker sesuai dengan bahasa yang ingin kamu pelajari. Menariknya, kamu juga bisa belajar dan mengulang kembali hal-hal yang kamu pelajari. Kelebihan tersebutlah yang membuat Livemocha ini sangat populer.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

4. Mylanguageexchange.com

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com