Kompas.com - 18/08/2022, 13:17 WIB

KOMPAS.com- Organisasi Siswa Intra Sekolah atau dikenal dengan nama OSIS adalah suatu organisasi yang berada di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Siswa yang ikut OSIS selain bisa menambah jaringan pertemanan dari kelas lain juga punya pengalaman ikut organisasi. 

Sebagai siswa, perlu tahu juga sejarah OSIS yang masih eksis hingga saat ini. Melansir dari laman SMAN 1 Tanjung Palas, Kamis (18/6/2022) menjelaskan tentang sejarah OSIS.

Sebelum lahirnya OSIS, di sekolah-sekolah jenjang SMP dan SMA terdapat organisasi yang bebagai macam corak bentuknya.

Baca juga: PT Austindo Nusantara Jaya Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1

 

Sejarah OSIS

Ada organisasi siswa yang hanya dibentuk bersifat intern sekolah itu sendiri. Ada pula organisasi siswa yang dibentuk oleh organisasi siswa di luar sekolah.

Namun organisasi siswa yang dibentuk dan mempunyai hubungan dengan organisasi siswa dari luar sekolah, sebagian ada yang mengarah pada hal-hal bersifat politis. Sehingga kegiatan organisasi siswa tersebut dikendalikan dari luar sekolah sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar.

Akibat dari keadaan itu, timbul loyalitas ganda. Di satu sisi harus melaksanakan peraturan yang dibuat Kepala Sekolah. Di satu sisi harus tunduk kepada organisasi siswa yang dikendalikan di luar sekolah.

Setelah mendapat arahan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, pada tahun 1970 sampai dengan tahun 1972, beberapa pimpinan organisasi siswa sadar akan maksud dan tujuan belajar di sekolah.

Yakni ingin menghindari bahaya perpecahan di antara para siswa intra sekolah di sekolah masing-masing.

Pembinaan dan pengembangan generasi muda diarahkan untuk mempersiapkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti luhur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.