Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Meningkatkan Konsentrasi, Pelajar Mahasiswa Wajib Coba

Kompas.com - 21/11/2022, 15:13 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat mengerjakan sesuatu, kita harus fokus atau berkonsentrasi penuh agar tugas maupun pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Pikiran yang fokus ini memang penting sekali karena apabila tidak fokus atau tidak konsentrasi, semuanya bisa berantakan.

Pikiran yang fokus tidak hanya diperlukan saat belajar di kelas atau mengerjakan tugas namun juga dalam melakukan berbagai kegiatan di kehidupan sehari-hari.

Bagi pelajar dan mahasiswa, ada beberapa cara agar bisa meningkatkan daya fokus kalian. Apabila pelajar dan mahasiswa bisa fokus dan konsentrasi, tentunya akan membawa banyak manfaat.

Baca juga: Indofood Buka Banyak Lowongan Kerja SMK-S1, Fresh Graduate Bisa Daftar

Cara meningkatkan fokus

Melansir dari akun Instagram Politeknik Tempo, Senin (21/11/2022) membagikan informasi cara meningkatkan fokus atau konsentrasi yang bisa dicoba pelajar maupun mahasiswa.

Bagaimana caranya? Simak informasi berikut ini:

1. Kurangi junk food

Cara meningkatkan fokus yang pertama adalah mengurangi junk food. Jangan terlalu banyak mengonsumsi junk food karena makanan itu cenderung akan membuat mengantuk. Sehingga membuat otak menjadi kurang fokus saat melakukan aktivitas tertentu.

2. Tidur yang cukup

Cara kedua meningkatkan fokus adalah dengan tidur yang cukup. Apabila kurang istirahat atau tidur kurang akan memengaruhi daya fokus saat beraktivitas.

Baca juga: 8 Fosil Manusia Purba dari Indonesia dan Nama Penemunya

3. Minum air putih

Selain bagus untuk kesehatan, minum air putih juga bisa meningkatkan fokus kita lho. Jika jarang minum air putih, otak akan kekurangan asupan cairan.

Hal ini dapat membuat kita kehilangan fokus, merasa pusing dan mudah lelah.

Demikian 3 cara meningkatkan fokus yang bisa dicoba pelajar maupun mahasiswa. Selain 3 cara itu, kamu juga bisa mencoba rutin berolahraga dan menjaga asupan gizi.

Selain itu, kamu juga bisa membuat rencana saat mengerjakan sesuatu. Sehingga semua tugas atau kegiatan yang harus dilakukan dalam sehari bisa diselesaikan dengan baik.

Baca juga: Kota Pelajar Terbaik di Asia dan Rekomendasi Kampusnya 

Dengan beberapa cara ini, bisa meningkatkan fokus atau konsentrasi saat melakukan aktivitas belajar atau kegiatan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com