Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Unair: Ini Tips Tetap Fresh Selama Puasa Ramadhan

Kompas.com - 12/04/2023, 16:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Meski sedang berpuasa, umat muslim harus tetap semangat dalam menjalani aktivitas. Bahkan tubuh juga harus tetap fresh.

Pada podcast Ngobrol Asyik (Ngobras) edisi Ramadhan gelaran Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (Unair), Senin (10/4/2023), dijelaskan beberapa tips tetap cantik selama berpuasa.

Adapun talkshow tersebut mengundang Umi Farichah Bascha, SE., MM., dosen Prodi Sarjana Terapan Manajemen Perhotelan Unair.

Menurut Umi, walaupun sedang berpuasa, umat muslim harus bisa menjaga penampilannya agar tetap terlihat fresh. Bagaimana caranya?

Baca juga: Tips Sehat Puasa bagi Lansia dari Dosen FK Unair

Dengan olahraga ringan

Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan olahraga ringan di pagi hari atau menjelang berbuka.

Menurutnya, melaksanakan olahraga di pagi hari dapat membantu boost energi sekaligus memberikan afirmasi positif untuk beraktivitas seharian.

"Saya usahakan setiap pagi melakukan olahraga ringan sebentar, seperti jogging di pagi hari saat cuaca masih sejuk atau sekedar mengangkat beban dengan bobot yang ringan," ujarnya dikutip dari laman Unair, Rabu (12/4/2023).

Tapi olahraga ringan juga dapat dilakukan di sore hari menjelang berbuka puasa. Sebab, di waktu tersebut tubuh manusia lebih berenergi.

"Kita juga bisa mencoba olahraga ringan seperti jalan santai sekitar 15 menit di sekitar rumah saat menjelang berbuka puasa. Karena biasanya, kita menjadi lebih berenergi di detik-detik berbuka puasa," imbuh dia.

Dengan jaga pola makan

Tips lainnya ialah dengan menjaga pola makan selama berkegiatan di bulan Ramadhan. Salah satu cara mengontrol pola makan adalah mengurangi konsumsi minuman manis dan makanan berminyak.

"Mengurangi makanan berminyak seperti gorengan dapat mencegah haus lebih cepat. Hal ini didasari oleh pengalaman saya ketika mengonsumsi gorengan di waktu sahur, kemudian dua hingga empat jam kemudian saya merasakan haus," katanya.

Baca juga: Olahraga Pagi Saat Puasa Tak Direkomendasikan, Ini Penjelasan Pakar UGM

"Jadi saya menganjurkan mengonsumsi gorengan di waktu berbuka puasa saja dan jangan terlalu banyak," imbuh Umi.

Selain itu, untuk takjil atau minuman yang manis-manis disarankan disimpan saja porsinya untuk waktu berbuka dan perbanyak mengonsumsi air putih saat sahur.

Tips puasa bagi anak kos

Sedangkan bagi anak kos, Umi menganjurkan anak kos agar mengonsumsi banyak makanan berserat untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Mengingat, mayoritas anak kos berbuka dengan menu makanan yang kurang sehat.

"Biasanya kita seringkali menjumpai anak kos berbuka dengan variasi menu seputar penyetan atau ayam geprek yang dimana sambalnya biasanya sering bikin perut panas. Maka dari itu, kita bisa menyelingi dengan konsumsi sayuran untuk menambahkan kandungan serat dalam tubuh kita," terangnya.

Namun, kandungan serat tidak hanya didapatkan dari sayuran saja, tapi bisa dari buah-buahan. Ia juga menganjurkan anak kos untuk mengonsumsi makanan berserat saat sahur dan berbuka.

Setidaknya setiap sahur mengonsumsi buah yang banyak agar kita dapat terlihat lebih fresh seharian.

Baca juga: Menu Sehat Puasa, Dokter Poliklinik UM: Pilih yang Senatural Mungkin

"Jika ingin mengonsumsi waktu berbuka, kita mengonsumsi secukupnya saja. Karena jika terlalu banyak akan mengganggu proses tidur," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Unair


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com