Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 4 Tips Dapat Beasiswa Luar Negeri bagi Mahasiswa Sudah Bekerja

Kompas.com - 16/04/2023, 11:05 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa S1 yang sedang kuliah sambil kerja tentu masih ada kesempatan untuk melanjutkan studi jenjang S2.

Bahkan bisa kuliah di luar negeri. Karena itu butuh tips dapat beasiswa luar negeri. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Meski demikian, kamu perlu tahu bahwa persaingan untuk mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri semakin ketat, seiring bertambahnya minat anak negeri.

Namun kamu tak perlu berkecil hati, sebab semua memiliki kesempatan yang sama untuk bisa belajar ke luar negeri termasuk kamu yang saat ini sedang kuliah sambil kerja.

Baca juga: 12 Beasiswa S1 Luar Negeri yang Bisa Dicoba, Segera Daftar

Melansir laman Universitas Stekom, Jumat (3/3/2023), ada beberapa tips dapat beasiswa luar negeri bagi mahasiswa yang sudah bekerja.

Tips dapat beasiswa luar negeri

Jika kamu ingin lanjut S2 di luar negeri, maka simak tipsnya dengan baik:

1. Belajar bahasa asing

Tentu, hal pertama ialah kamu harus bisa bahasa asing. Biasanya persyaratan ini adalah bisa bahasa Inggris, karena merupakan bahasa universal.

Kamu juga perlu belajar bahasa negara yang akan kamu tuju, misalkan kamu ingin kuliah di Timur Tengah, maka belajar bahasa Arab juga diperlukan.

Sebelum kamu mengajukan beasiswa, maka sangat disarankan untuk belajar bahasa Inggris terlebih dahulu agar bisa aktif berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

Walaupun bekerja, kamu harus tetap menyempatkan belajar bahasa Inggris. Kamu bisa belajar mandiri atau mengikuti kursus bahasa Inggris.

Kemudian persyaratan selanjutnya adalah dibuktikan dengan skor TOEFL. Kamu harus mengikuti ujian TOEFL dan mendapatkan nilai yang baik sebagai bekal belajar di luar negeri.

Baca juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online, Calon Mahasiswa Cek Dulu

2. Cari informasi beasiswa

Jika kamu sudah punya bekal bahasa Inggris, maka kamu harus mencari informasi terkait beasiswa ke luar negeri. Kamu bisa tanya pihak kampus, seperti dosen, profesor atau bagian akademik tentang informasi belajar atau beasiswa ke luar negeri.

Apalagi jika kampusmu termasuk yang menangani studi luar negeri, maka akan semakin memudahkan jalan kamu.

Selain itu kamu juga bisa mencari informasi dari internet. Ada banyak informasi-informasi yang dishare sehingga kamu harus benar-benar teliti.

3. Buat daftar yang diminati

Adapun tips dapat beasiswa luar negeri berikutnya ialah membuat daftar beasiswa yang diminati. Kamu bisa menulis daftar beasiswa yang diinginkan, lengkap dengan persyaratan dan informasi deadlinenya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com