Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Kembali Semangat Kerja Usai Libur Lebaran dari Dosen Unesa

Kompas.com - 25/04/2023, 16:55 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Suasana lebaran tentu masih hangat di tengah-tengah masyarakat. Apalagi membawa kesan yang tak terlupakan.

Meski begitu, semua harus kembali ke rutinitas sehari-hari untuk bekerja atau belajar dan bersekolah. Sebab, libur lebaran telah usai.

Terkait hal itu, Dosen Psikologi Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Siti Jaro’ah, S.Psi., M.A., menjelaskan, perasaan berat seperti itu wajar terjadi.

Tentu karena antara kampung dan daerah tempat bekerja atau belajar ada suasana dan pengalaman yang berbeda.

Baca juga: Ikut Arus Balik Lebaran, Simak Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

"Jadi secara psikologis ada yang namanya proses transisi dari yang awalnya kita liburan dan bersenang-senang bersama keluarga besar pada momentum Idul Fitri lalu tiba-tiba kita kembali ke daerah atau kota tempat kita bekerja," ujarnya dikutip dari laman Unesa, Senin (24/4/2023).

Untuk itu, dia membagikan tips agar bisa kembali semangat bekerja maupun belajar pasca lebaran.

1. Ubah mindset

Libur lebaran bisa dijadikan waktu jeda. Dengan kembali ke kampung halaman, ada wajah-wajah orang tua, saudara dan kerabat yang bisa menjadi motivasi untuk meraih cita-cita dan kesuksesan.

"Agar kita tidak malas kita harus sadar dahulu bahwa kita merupakan harapan dan kebanggaan orang tua atau keluarga. Kesuksesan kita adalah kesuksesan mereka juga. Kita harus sadar itu dan menjadikannya sebagai bahan bakar memulai rutinitas," terangnya.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Ini Tips Atasi Masalah Kesehatan Saat Mudik

2. Susun rencana

Kamu bisa menyusun rencana kerja atau belajar. Tentu agar menjadi petunjuk yang baik atau memiliki gambaran apa yang harus dilakukan dan yang akan dituju ke depan.

Manfaatnya bisa mengurangi ketidakpastian dan sesuatu yang tidak pasti tentu bisa bikin malas. Dengan memiliki gambaran tujuan dan rencana yang akan dilakukan bisa menjadi motivasi untuk memulai suatu rutinitas.

3. Ingat tujuan

Motivasi juga bisa diperkuat dengan mengingat kembali tujuan hidup yang direncanakan atau ditargetkan sebelumnya.

Dengan meneguhkan kembali tujuan hidup yang telah dicita-citakan, secara tidak langsung membangkitkan semangat untuk memulai rutinitas.

Disarankan juga untuk mengevaluasi hasil capaian selama ini, kurangnya di mana dan kelebihannya di mana sebagai dasar untuk menentukan rencana dan tindak lanjut ke depannya.

Baca juga: 4 Tips Ajari Anak Kelola THR Lebaran dengan Bijak

4. Membuat agenda bersama teman

Buatlah rencana atau agenda bersama teman-teman kantor atau di tempat kerja. Bisa berupa makan-makan atau halalbihalal sekaligus untuk saling memperkuat kedekatan.

Biasanya, kalau sudah ngumpul ada banyak hal yang bisa dibicarakan dan direncanakan bersama ke depannya. Ini bisa membantu mempercepat proses adaptasi dan bisa semakin semangat memulai rutinitas di tempat kerja.

5. Selalu ingat tugas dan tangung jawab

Adapun memikirkan tugas dan tanggung jawab satu sisi memang terasa berat, tetapi di sisi lainnya bisa menjadi penggerak untuk memulai pekerjaan.

Ketika ada sesuatu tanggung jawab biasanya muncul rasa tidak nyaman ketika belum dikerjakan atau ditunaikan.

Baca juga: Guru Besar Unair Beri Tips Kelola THR Lebaran

"Dengan mengingat apa tugas dan tanggung jawab kita bisa mengajak seluruh energi untuk bekerja dan memulai pekerjaan. Intinya, tetap semangat kembali bekerja dan berkarya. Karena setiap usaha kita ada harapan orang tua dan keluarga yang perlu terus diperjuangkan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Unesa


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com