Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Jurusan Kuliah IPS yang Tak Kalah Populer

Kompas.com - 12/06/2023, 14:44 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah tidak bisa asal-asalan. Sebab akan berpengaruh pada saat duduk di bangku kuliah nanti.

Apalagi jika tidak sesuai dengan minat dan bakat, bisa-bisa nanti malah jadi malas kuliah dan putus kuliah.

Bagi siswa SMA dari jurusan IPS, maka harus menyesuaikan dengan jurusan IPS itu sendiri. Jadi nanti kuliahnya akan linier dengan pelajaran saat duduk di bangku SMA.

Bahkan nanti juga bisa mendapatkan karier atau pekerjaan yang seusai dengan jurusan kuliah tersebut.

Baca juga: Pahami Dulu 7 Hal Ini Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Jika calon mahasiswa yang masih bingung mau ambil jurusan kuliah IPS, maka harus memahami beberapa jurusan kuliah IPS yang jarang peminatnya.

Melansir laman Gramedia.com, berikut ini beberapa jurusan kuliah IPS yang jarang peminatnya tetapi tak kalah populer dengan yang lainnya.

Jurusan kuliah IPS

1. Jurusan Kriminologi

Jika kamu suka nonton film bertemakan misteri pembunuhan yang menayangkan scan pemeriksaan tempat kejadian perkara, kejadian yang kamu tonton tersebut termasuk ke dalam ranah Jurusan Kriminologi.

Sehingga kamu wajib mencoba Jurusan Kriminologi. Dimana, jurusan ini termasuk ke dalam jurusan kuliah untuk IPS.

2. Jurusan Sosiologi

Untuk jurusan kuliah IPS lainnya ialah Jurusan Sosiologi. Jurusan Sosiologi ini menjadi jurusan kuliah yang mata kuliahnya pernah dipelajari semasa duduk di bangku sekolah.

Saat dibangku kuliah nanti, untuk pembahasan materi dan lingkup pengetahuan sosiologi akan diulas secara lebih mendalam. Untuk contoh kampusnya ialah Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY).

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan, Cek Segera

3. Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fiskal, dan Bisnis

Jika kamu ingin melanjutkan studi ke Jurusan Ilmu Administrasi, maka perlu memperhatikan dengan baik perbedaan dari bidang spesialisnya. Sebab jurusan ini tak hanya satu saja.

Sebagai Contohnya yaitu di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia terdapat tiga jurusan yang tersedia seperti Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Fiskal, dan Ilmu Administrasi Bisnis.

Contoh lainnya yaitu dari Universitas Brawijaya yang memiliki dua Jurusan Ilmu Administrasi yang tersedia yakni Ilmu Administrasi Bisnis atau niaga dan Ilmu Administrasi Negara atau publik.

4. Jurusan Arkeologi

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati ialah Arkeologi. Di jurusan ini mempelajari mengenai kebudayaan manusia di masa lampau dan masa sekarang ini, lewat suatu kajian yang berdasarkan pada data-data dan juga benda peninggalan yang ditemukan.

Jika kamu mengambil Jurusan Arkeologi, maka kamu akan mempelajari dan juga menganalisis benda-benda peninggalan purbakala.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com