Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Dulu 7 Hal Ini Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Kompas.com - 07/06/2023, 07:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UMN

KOMPAS.com - Selepas lulus SMA/SMK/sederajat dan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi maka harus memahami beberapa hal. Salah satunya memilih jurusan kuliah yang tepat.

Harapannya, kamu jangan sampai salah dalam memilih jurusan kuliah. Lantas, bagaimana caranya? Hal yang bisa dilakukan ialah mengenali kepribadian diri.

Selain itu masih ada tahapan atau cara yang membuat kamu bisa menentukan jurusan kuliah secara tepat.

Tapi, calon mahasiswa biasanya masih bingung dalam hal memilih jurusan kuliah. Untuk itu, dibutuhkan pemahaman bagi calon mahasiswa.

Baca juga: Cek 7 Jurusan Kuliah yang Gampang Cari Kerja

Melansir laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), berikut beberapa hal yang harus diketahui sebelum memilih jurusan kuliah.

Cara memilih jurusan kuliah yang tepat

1. Mengenali kepribadian

Hal pertama yang dilakukan ialah mengenali kepribadian diri. Dengan mengenali diri, kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai modal dalam menentukan jurusan kuliah.

Ada banyak cara dalam mengenali diri dan kepribadian. Salah satunya adalah dengan melakukan tes kepribadian atau personality test.

Tentu, kamu bisa melakukan tes kepribadian melalui online dengan mengisi kuesioner pada web yang menyediakan layanan tersebut. Atau bisa secara offline dengan konseling ke psikolog.

2. Menentukan bakat dan minat

Cara berikutnya ialah menentukan minat dan bakat yang kamu miliki. Kamu harus menyadari minat dan bakat yang dimiliki ada pada aspek seperti apa.

Misalkan, jika minat kamu adalah menjadi content creator dan bakat yang kamu miliki adalah komunikasi, maka kamu bisa menjadikan jurusan Ilmu Komunikasi sebagai referensi jurusan kuliah yang tepat.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

3. Cari jurusan kuliah yang sesuai

Adapun cara memilih jurusan kuliah yang tepat lainnya ialah mencari jurusan kuliah yang sesuai dengan kepribadian, bakat dan minat.

Kamu bisa membuat daftar jurusan kuliah yang sesuai dengan hal tersebut. Kalian bisa membuat beberapa list jurusan yang ada di PTS atau PTN atau bahkan kampus luar negeri.

Usai melakukan proses seleksi jurusan kuliah yang akan dipilih, kamu bisa menentukan 3 jurusan yang sesuai kriteria. Hal ini membantu kamu dalam mengelola dan mengolah informasi dari jurusan-jurusan tersebut.

4. Bisa minta saran orang terdekat

Kamu bisa meminta saran atau pendapat orang lain seperti orangtua. Peran orangtua dalam memberikan masukan termasuk hal yang penting. Terkadang masukan yang diberikan merupakan analisis yang baik untuk ke depannya.

Tapi, kamu juga harus punya kepercayaan diri dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan minat kamu.

Baca juga: Tertarik Jurusan Kuliah Ekonomi Pembangunan, Ini Prospek Kerjanya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com