Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatur Pola Makan di Tengah Kesibukan, Info Alumni UGM

Kompas.com - 30/06/2023, 10:51 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan jadi hal penting dan harus dilakukan oleh siapa saja. Salah satunya paham cara mengatur pola makan.

Apalagi bagi para pekerja yang selalu sibuk, maka harus bisa menjaga dan mengatur pola makannya. Tentu agar tubuh tetap sehat.

Terkait pola makan, di tengah kesibukan rutinitas pekerjaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pola makan menjadi salah satu hal yang akan memengaruhi efektivitas dalam melakukan pekerjaan.

Baca juga: Webinar IPB: Ini Cara Mengubah Pola Makan Jadi Menu Gizi Seimbang

Berikut adalah tips untuk dapat mengatur pola makan agar tetap sehat di tengah kesibukan. Informasi dilansir dari laman Alumni UGM.

Cara mengatur pola makan

1. Perhatikan waktu makan

Hal pertama ialah membiasakan untuk tidak meninggalkan sarapan dan makan siang tepat waktu. Saat pagi, siapkan makanan siap saji seperti roti tambahkan dengan protein daging atau keju.

Jangan lupa untuk mengonsumsi serat dengan buah dan sayur. Untuk makan siang, bekal dari rumah adalah salah satu cara agar dapat makan tepat waktu.

2. Perhatikan asupan cairan atau hidrasi

Tentu, keseimbangan cairan tubuh merupakan syarat penting untuk menjamin fungsi metabolisme sel tubuh. Maka usahakan untuk konsumsi air mineral minimal 2 liter dalam satu hari.

Hal tersebut untuk mencegah dehidrasi yang mengakibatkan kurangnya konsentrasi, lesu, kembung, hingga menurunkan tingkat kewaspadaan saat bekerja.

3. Perhatikan kandungan dalam makanan

Tentu di tengah kesibukan, kita cenderung akan mengonsumsi makanan yang cepat dan instan, tetapi ini akan menimbulkan risiko jika dikonsumsi terus-menerus.

Maka, kurangi makanan dan minuman kemasan dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Coba beralih dengan mengonsumsi olahan daging yang direbus atau dipanggang, roti gandum, buah dan sayur segar.

4. Perhatikan camilan untuk teman kerjamu

Adapun cara mengatur pola makan yang terakhir ialah terkait camilan. Beberapa camilan yang direkomendasikan dapat dikonsumsi untuk menemani kesibukan di tengah pekerjaan.

Seperti dark chocolate yang mengandung kafein di dalamnya mampu memberikan energi, kacang-kacangan mengandung protein, lemak nabati, dan asam amino, dan buah jenis berry dengan antioksidan dan vitamin yang penting untuk daya ingat.

Baca juga: 10 Tips Hidup Sehat dari Ners Unair

Jadi, itulah beberapa cara mengatur pola makan meski di tengah kesibukan. Hal ini bisa diterapkan oleh pekerja, mahasiswa atau pelajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com