Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Ini 10 Gangguan pada Sistem Pencernaan Manusia

Kompas.com - 21/07/2023, 14:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siswa yang sedang belajar mengenai sistem pencernaan manusia, tentu harus paham beberapa penyakit atau gangguannya.

Adapun sistem pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Dimana semua organ itu merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Fungsi utama dari sistem pencernaan yaitu sebagai pencerna nutrisi tubuh. Namun meskipun begitu, bukan berarti sistem pencernaan pada tubuh manusia akan selalu aman karena adanya nutrisi yang banyak.

Pintu atau jalan masuknya zat dari luar dengan bebas ternyata akan menimbulkan banyak gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan.

Baca juga: Siswa, Yuk Intip Teknologi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Dimana penyakit tersebut akan mengganggu atau mengancam orang yang menderitanya. Penyakit atau gangguan yang menyerang ini akan menghambat sistem kerja organ-organ yang lainnya.

Untuk itu, diperlukan kewaspadaan dan pengetahuan untuk menghindari penyakit atau gangguan yang akan mengancam. Upaya mencegahnya dengan:

  • memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi
  • kebersihan mulut dan gigi
  • konsumsi makanan bergizi dan masih banyak yang lainnya

Gangguan pada sistem pencernaan

Dilansir dari laman Repositori Kemendikbud Ristek, berikut ini beberapa penyakit atau gangguan pada sistem pencernaan manusia.

1. Diare

Tentunya, diare adalah salah satu gangguan sistem pencernaan yang banyak dialami. Dimana gangguan pencernaan ini akan membuat perut terasa mulas dan feses penderita menjadi encer.

2. Maag

Maag merupakan penyakit atau gangguan sistem pencernaan yang ditandai dengan adanya rasa perih pada dinding lambung. Selain itu maag juga disertai dengan adanya rasa mual dan perut menjadi kembung.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Bagian-bagian Tumbuhan

3. Sembelit

Ini adalah salah satu gangguan pada sistem pencernaan di mana si penderita akan mengeluarkan fases yang keras. Gangguan ini terjadi disebabkan karena usus besar menyerap air terlalu banyak.

Sembelit disebabkan karena kurang mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur atau kebiasaan buruk yang selalu menunda buang air besar.

4. Hemaroid atau wasir

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com