Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utamakan Minat atau Prospek Kerja? Ini Tips Memilih Jurusan Kuliah

Kompas.com - 31/07/2023, 11:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UNS

KOMPAS.com - Terkadang calon mahasiswa masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah. Apakah mengutamakan minat atau prospek kerja?

Biasanya, calon mahasiswa akan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat. Sehingga ketika kuliah akan menjalani dengan baik.

Tetapi, memilih jurusan kuliah harus dipikirkan dengan matang. Bahkan ketika masih duduk di bangku sekolah SMA/SMK/sederajat.

Terkait jurusan kuliah, Psikolog Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Afia Fitriani, S.Psi., M.Psi., Psikolog., memberikan penjelasannya.

Baca juga: 8 Jurusan Kuliah untuk Anak Bahasa, Tertarik?

Menurutnya, ada beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan prodi atau jurusan kuliah, misalnya saja mengenali minat, bakat, dan potensi bidang kerja.

Tips memilih jurusan kuliah

1. Siswa dapat mulai mengenali minat mereka terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menelaah hobi yang dimiliki ataupun aktivitas lain yang digemari.

Hobi tersebut dapat siswa jadikan opsi tentang hal yang ingin mereka dalami lebih jauh. Tuliskan hobi-hobi tersebut berdasarkan prioritas.

2. Gali bakat yang dimiliki. Minat siswa perlu didukung dengan adanya bakat. Afia menjelaskan, salah satu caranya dengan melihat rekam jejak nilai akademik selama bersekolah.

Tugas-tugas dari setiap aktivitas yang berhasil dikerjakan dengan baik juga bisa mengindikasikan keberadaan bakat.

Baca juga: Jurusan Kuliah untuk Anak IPA Berikut Prospek Kerjanya

Selain itu, mengetahui bidang-bidang ilmu yang dipahami siswa juga dapat mempermudah mereka. Tuliskan juga bakat yang sudah dikenali berdasarkan prioritas.

3. Cari informasi prodi dan bidang kerja berdasarkan pemetaan minat dan bakat telah ditelusuri sebelumnya.

Siswa dapat menilai prodi dan bidang kerja mana yang mungkin dapat ditekuni nantinya. Tuliskan kembali informasi tersebut berdasarkan prioritas.

4. Simpulkan urutan prioritas prodi pilihan tersebut berdasarkan minat, bakat dan pengetahuan tentang prodi yang sudah diketahui.

Kesimpulan ini nantinya dapat mempermudah siswa mengetahui seperti apa prodi yang sesuai dengan dirinya.

Orangtua juga berperan

Afia mengatakan perlu adanya dukungan oleh orangtua, terutama dalam memberikan motivasi. Tujuannya agar anak tetap memiliki kepercayaan diri dan makin bersemangat dalam menjalankan proses seleksi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com