Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Mahasiswa Tetap Produktif, Ini 4 Tips Mengisi Libur Kuliah

Kompas.com - 05/08/2023, 15:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat libur kuliah, ada banyak momen yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Selain berwisata, mahasiswa juga bisa mengisi liburan dengan kegiatan yang produktif.

Apa saja kegiatan produktifnya? Dilansir dari laman UM Surabaya, Jumat (4/8/2023), Kemahasiswaan UM Surabaya Khoirul Anam membagikan tips.

Sehingga ketika libur kuliah yang cukup panjang tersebut bisa diisi dengan berbagai kegiatan yang bermakna.

Baca juga: 5 Cara agar Lulus Kuliah Tepat Waktu, Mahasiswa Cek

Tips mengisi waktu libur kuliah

1. Kembangkan hobi

Tentu hal ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan komitmen diri dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jasmani maupun kesehatan mental.

Hobi yang dimiliki mahasiswa jika dikembangkan akan meningkatkan soft skill dan pengetahuan. Selain itu, hobi yang dimiliki dapat dilakukan dengan cara yang berbeda atau membuat variasi kegiatan sehingga tidak mudah bosan.

"Jika hobi kita memiliki nilai jual yang tinggi, kita dapat mengembangkan hobi tersebut menjadi peluang usaha pada saat libur kuliah, sehingga hobi tersebut dapat dikembangkan menjadi peluang usaha yang dimiliki," ujarnya.

2. Ikut organisasi kemahasiswaan

Jika sudah kuliah, tentu ada kegiatan kampus lain yang bisa diikuti. Seperti organisasi kemahasiswaan. Ini bisa memberi pengalaman baru. Kegiatan-kegiatan dalam organisasi kemahasiswaan dapat mengisi waktu luang yang dimiliki saat libur kuliah.

Baca juga: 6 Tips Cepat Mengerjakan Skripsi

Dikatakan, mengikuti organisasi kemahasiswaan dapat memberikan beberapa manfaat seperti:

  • memperluas jaringan
  • membentuk pola pikir yang lebih baik
  • meningkatkan kemampuan berkomunikasi
  • melatih leadership
  • paling penting yaitu belajar manajemen waktu

"Manfaat-manfaat tersebut sangat penting dalam persiapan memasuki dunia kerja, selain itu kita juga dapat mempelajari keahlian khusus yang sesuai dengan tujuan organisasi," tambah dia.

3. Menambah koleksi bacaan

Saat libur kuliah, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk membaca buku. Hal ini bisa menjadikan kamu lebih produktif dan tambah pengetahuan.

Kamu bisa pilih genre buku yang disukai agar tidak mudah bosan. Membaca dapat membantu mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan.

4. Jaga kesehatan tubuh

Hal yang tak kalah penting ialah bisa menjaga kesehatan tubuh, baik jasmani maupun rohani. Meskipun sedang liburan dan dalam zona nyaman, mahasiswa harus tetap menjaga pola hidup sehat.

Baca juga: Sabun Tangan Inovasi Mahasiswa UMM dari Bahan Daun Jambu Air

Seperti tidur yang cukup dan tidak begadang, menjaga pola makan, perbanyak minum air putih dan olahraga secara rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com