Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Tips Manajemen Waktu Mahasiswa Baru

Kompas.com - 13/08/2023, 22:54 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa baru, kuliah tentu berbeda dengan saat sekolah. Butuh persiapan yang baik agar kuliah bisa berjalan dengan lancar.

Salah satunya memahami terkait manajemen waktu. Sebenarnya manajemen waktu yang baik bagi mahasiswa baru itu seperti apa?

Dilansir dari laman Universitas Airlangga (Unair), Senin (31/7/2023), Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair, Putri Nanda Alifia Rizki membagikan tipsnya.

Tips manajemen waktu mahasiswa baru

1. Menghindari stres

Saat sudah memasuki masa perkuliahan, mahasiswa baru harus bisa membagi waktu antara kuliah dengan kegiatan di kampus.

Baca juga: Dosen Unesa: Ini 3 Cara Manajemen Waktu agar Tidak Mudah Stres

Menurutnya, manajemen waktu dapat membuat seseorang lebih disiplin dan mencegah seseorang dari stres dan perasaan cemas.

Manajemen waktu itu bertujuan agar kita bisa:

  • lebih teratur dalam mengatur waktu dan lebih tertata
  • menghindari stres dan kecemasan

"Karena jika segala sesuatu sudah tertata rapi, kita tidak akan keteteran dalam melakukan segala tugas sehingga bisa terhindar dari stres dan kecemasan," tutur dia.

2. Membuat rencana studi

Tentunya, mahasiswa harus bisa merencanakan kegiatan apa saja yang akan mereka jalani selama menempuh perkuliahan 8 semester.

Misalnya, pada semester pertama mahasiswa bisa mengikuti kegiatan kampus dan mencari beasiswa. Kemudian pada semester 2 mereka menghabiskan waktu untuk berorganisasi dan mengikuti volunteering dan seterusnya hingga semester 8.

Baca juga: Michelle, Pebisnis Muda dan Wisudawan Terbaik UPN Jogja Beri Tips Manajemen Waktu

"Misalnya pada semester 7 kita harus fokus pada mata kuliah akhir atau skripsi dan semester 8 harus sudah menyelesaikan skripsi sehingga bisa lulus tepat waktu," jelasnya.

3. Bisa menggunakan time blocking

Agar memudahkan mengatur waktu, seseorang bisa menggunakan time blocking (short time management) dengan membuat tabel secara manual maupun digital.

Tabel tersebut nantinya diisi dengan jadwal harian secara menyeluruh dan rinci agar mudah untuk mentracking dan evaluasi.

"Biasanya time blocking aku buat secara harian atau mingguan, bisa dibuat secara manual dengan dicatat atau journaling bisa juga secara digital. Misalnya pakai Google Calendar, Notion, atau Google Spreadsheet," katanya.

4. Menerapkan time management matrix

Adapun tips manajemen waktu berikutnya ialah melakukan time management matrix. Hal itu berguna untuk memisahkan kegiatan penting dan kegiatan yang bisa dilakukan nanti.

Time management matrix bertujuan agar kita bisa menyelesaikan tugas-tugas secepat mungkin. Supaya kita tahu dan bisa memisahkan mana kegiatan yang harus dikerjakan dulu mana dan mana yang bisa dikerjakan nanti.

5. Tips ala mahasiswa Harvard

Bisa pula dengan menerapkan tips ala mahasiswa Harvard. Misalnya, memulai sesuatu sedini mungkin, belajar berkata tidak, membuat jadwal, kerja dengan cerdas dan istirahat yang cukup.

Baca juga: Ini Tips Sukses Manajemen Waktu bagi Mahasiswa

"Jadi, ini menjadi kesempatan emas bagi kalian mahasiswa baru yang menginjak semester 1, mulai masuk dunia kuliah untuk start sedini mungkin. Kalau bisa, kalian sudah punya gambaran saat kuliah mau ngapain aja," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com