Kompas.com - 03/02/2022, 16:07 WIB
|

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa, maka harus belajar untuk lebih dewasa. Tak hanya dalam berpikir kritis, tetapi juga harus bisa mengatur waktu untuk kesehariannya.

Terlebih bagi mahasiswa yang tinggal di kos atau jauh dari orang tua. Semua dilakukan sendiri dan secara mandiri. Hal paling penting ialah dapat memanajemen waktu.

Terkait hal itu, beberapa Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membagikan tips sukses manajemen waktu.

Baca juga: Mahasiswa UNY Manfaatkan Buah Ini untuk Suburkan Tanaman Cabai

Pada talkshow gelaran Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, Jumat (28/1/2022),  salah satu Mawapres UAD, Adiffa Fikri Diansyah membagikan tipsnya.

Susun daftar tugas yang harus dikerjakan

Menurut Adiffa Fikri Diansyah, manajemen waktu perlu adanya to do list yang ditulis sebelum tidur dan akan dilaksanakan ketika bangun tidur hingga tidur kembali.

"Dengan melakukan list kegiatan, kita dapat mengetahui apa saja yang akan dilakukan dan semua bisa berjalan dengan teratur," ujarnya dikutip dari laman UAD.

"Sudah menjadi kebiasaan saya membuat to do list. Jadi, dari pagi kegiatan yang akan saya lakukan sudah tersusun dan itu merupakan waktu yang sudah terbiasa saya lakukan," jelasnya.

Mawapres lainnya, Zaenab menyampaikan bahwa, penetapan tujuan dan skala prioritas waktu dibagi menjadi empat, yaitu:

1. urgent terlebih dahulu dan penting

2. penting tetapi tidak urgent

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.