Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu UTBK? Perhatikan Materi Tes hingga Manfaatnya

Kompas.com - 14/09/2023, 08:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apa itu UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer yang menjadi salah satu jalur untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah salah satu jenis tes yang harus diikuti mahasiswa bila ingin masuk ke PTN.

Informasi mengenai UTBK ini penting diketahui siswa kelas 12 yang tahun depan akan kuliah. Mulai dari sekarang, siswa kelas 12 tentunya sudah memperhitungkan jalur apa yang akan dipilih untuk masuk ke PTN.

Bagi siswa berprestasi dan punya nilai rapor bagus tentu bisa terlebih dahulu memanfaatkan jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024.

Baca juga: Apa Itu SNBP yang Jadi Jalur Pertama Masuk PTN? Simak Penjelasannya

Bagi siswa yang tidak dinyatakan eligible atau memenuhi kriteria untuk mendaftar SNBP, kamu bisa mengikuti jalur kedua masuk PTN yakni lewat jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK.

Mengacu pada pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023, mengikuti UTBK Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) juga bisa menjadi jalan yang kamu tempuh untuk lolos ke PTN.

Sebagai informasi, Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) pada tahun 2022 disebut dengan istilah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Namun ada beberapa hal yang membedakan SBMPTN dengan UTBK SNBT. Yakni, tidak ada lagi tes mata pelajaran, karena kini berfokus pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.

Tidak hanya itu, hal lain yang harus diperhatikan adalah komponen ujian yang akan diujikan nantinya.

Dilansir dari laman resmi SNPMB, Rabu (13/9/2023) materi tes dalam Ujian Tertulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (UTBK-SNMPMB) tahun 2023 akan terdiri dari dua komponen besar, yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi.

Kompas.com rangkumkan materi UTBK serta manfaat punya nilai UTBK karena selain bisa untuk lolos PTN juga ada manfaat lainnya.

Baca juga: Kemendikbud Buka PKBI, Pelatihan Bahasa Inggris Gratis bagi Dosen

Tes Potensi Skolastik

Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah tes yang dirancang untuk menguji kemampuan berpikir siswa sekolah sebagai calon mahasiswa baru.

Kemampuan tersebut meliputi kemampuan untuk memahami dan bernalar yang diperlukan agar seseorang dapat berhasil dalam pendidikan formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini berkembang melalui proses belajar dan pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah. TPS sendiri terdiri dari empat komponen yakni:

1. Penalaran umum

Penalaran Umum dilakukan untuk menilai bagaimana seseorang dapat berpikir secara induktif (mengamati fakta), deduktif (bernalar secara logis), serta dapat bernalar dengan menggunakan angka-angka yang disebut sebagai kemampuan penalaran kuantitatif.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com