Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2023, 14:04 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu upaya untuk mengurangi kemiskinan ialah dengan berwirausaha. Kini, ada banyak peluang usaha yang bisa diambil.

Sebab, siapa saja bisa jadi pengusaha. Tak terkecuali seorang mahasiswa. Bahkan di kampus juga ada banyak program terkait kewirausahaan.

Selain dukungan dari kampus, kemajuan teknologi, kemudahan mendapatkan informasi, serta pasar yang semakin terbuka luas juga menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk berwirausaha.

Meski demikian, menjadi wirausaha tentu tidak mudah. Apalagi, sebagai mahasiswa mereka juga memiliki tanggung jawab untuk belajar dan menyelesaikan kuliah.

Baca juga: 5 Cara Membuat Pupuk Organik, Info Ditjen Vokasi

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, berikut ini dijelaskan tips memulai usaha bagi mahasiswa:

Tips memulai usaha

1. Harus percaya diri

Percaya diri tentu menjadi modal utama untuk memulai sebuah bisnis. Kepercayaan diri penting, sebelum kita bisa meyakinkan orang lain akan jasa atau usaha milik kita ini.

2. Punya pengetahuan

Banyak yang mengatakan pendidikan tidak terlalu penting saat memulai usaha. Namun nyatanya, tanpa pengetahuan kamu akan kurang bisa menghadapi masalah dalam usahamu.

Apalagi, kepercayaan diri juga bisa dibangun dari pengetahuan yang kita punya. Jadi, tetaplah untuk menguasai pengetahuan, utamanya di bidang usaha yang akan digeluti.

3. Jalin relasi

Sedang tips memulai usaha berikutnya ialah memiliki jejaring relasi. Ini sangat penting dalam membangun usaha. Dari relasi inilah, usahamu akan mudah dikenal orang banyak.

Bisa saja, order usahamu juga datang dari relasi yang kamu bina. Namun, menjalin relasi ini tidak hanya dengan terus menambah relasi.

Akan tetapi, pastikan juga untuk menjaga reputasi kamu di mata para relasi yang sudah kamu miliki.

4. Ulet dan tekun

Tentunya, membangun usaha bukan hal yang mudah, karena banyak proses naik dan turun yang harus dilalui.

Sehingga, diperlukan keuletan dan ketekunan ini. Jangan mudah menyerah saat ada masalah dalam bisnis atau usahamu, apalagi berputus asa.

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Dosen Vokasi, Politeknik ATMI Gelar Pelatihan

Terlebih, ketika harus mengimbangkan diri antara bisnis dan kuliah. Tetap harus bisa membagi waktu antara kuliah dan usaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com