Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Sukses Jadi Pebisnis Kopi, Info Ditjen Vokasi

Kompas.com - 19/08/2023, 14:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang suka minum kopi atau bahkan ingin buka bisnis kopi, maka harus paham beberapa hal terkait berbisnis kopi.

Sebab, saat ini banyak menjamur warung kopi yang digemari anak-anak muda. Mulai dari yang harganya terjangkau hingga mahal.

Beberapa coffee shop memiliki karakter kopi yang berbeda-beda dan inilah yang menjadi ciri khasnya. Maka dari itu tingginya permintaan konsumen akan kopi ini menjadi peluang yang bagus untuk berbisnis.

Jika kamu tertarik untuk berbisnis di bidang ini, maka harus paham beberapa hal yang bisa dipelajari oleh pemula.

Baca juga: Dosen Vokasi: Ini Tips Menjadi Developer Andal

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Jumat (18/8/2023), Rendro selaku Kepala LKP Filbert, Pemalang, Jawa Tengah, akan membagikan tips sukses menjadi pebisnis kopi.

Tips sukses jadi pebisnis kopi

1. Mampu menguasai pangsa pasar

Adapun tips pertama yang menjadi dasar bagi seorang pebisnis ialah menguasai pangsa pasar. Dengan mengetahui ini kita akan tahu tentang total permintaan terhadap sebuah produk oleh konsumen tertentu.

Tentu menguasai pangsa pasar sama halnya memperbesar bisnis karena jika pangsa pasar meningkat maka permintaan pun meningkat sehingga jumlah produk yang dihasilkan harus terus meningkat

"Ini pun berdampak pada peningkatan jumlah tenaga produksi," tutur Rendro.

Baca juga: Ini Pentingnya Pendidikan Vokasi untuk Ciptakan Wirausaha Muda Berdaya Saing

2. Memperbanyak relasi

Kamu harus bisa memperbanyak relasi agar dapat mempengaruhi kemajuan karier seseorang termasuk bisnisnya. Kita bisa memulai memperluas relasi sedini mungkin dengan teman sekolah dulu, teman kuliah, komunitas.

"Manfaatnya cukup banyak jika jaringan kita luas, seperti membuka peluang baru, bisa berkolaborasi, saling tukar ide dan masih banyak lagi. Ini semua tentunya berujung pada tercapainya kesuksesan bisnis yang sedang dijalani," jelasnya.

3. Punya produk unggulan

Karena ada banyak coffee shop dan harus bersaing, maka kamu harus memiliki produk unggulan.

Ini merupakan hal yang sangat wajar karena kita tidak bisa melarang orang lain untuk melakukan sesuatu hal yang mereka inginkan.

Akan tetapi, kita juga perlu menyelamatkan bisnis yang sudah dirintis dengan mengeluarkan produk unggulan yang khas dari kita.

Namanya produk unggulan biasanya menu yang paling dicari oleh konsumen. Produk unggulan inilah yang akan menjadi ciri pembeda produk yang dijual oleh kita sama orang lain.

"Jangan lupa untuk membuat bisnis kita semakin besar, yakni kunci akhirnya adalah konsisten," jelas Rendro.

Baca juga: Ilham Ikut Program PKK Ditjen Vokasi, Bisa Kursus Gratis dan Dapat Kerja

Jadi itulah beberapa tips sukses jadi pebisnis kopi. Kamu juga harus belajar dan terus berproses meski harus merasakan jatuh bangun menjalani usaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com