Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Dampak Pergaulan Bebas bagi Remaja

Kompas.com - 20/10/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Ketika anak sudah memasuki usia remaja, maka akan terjadi banyak perubahan. Tak hanya secara biologis, tetapi juga pola pikirnya.

Tak hanya itu saja, hal yang paling diwaspadai ialah menyangkut pergaulan bebas remaja. Maka dari itu, anak remaja harus bisa dijaga dengan baik.

Pergaulan bebas dapat diartikan sebagai perilaku sosial di mana remaja terlibat dalam hubungan atau aktivitas seksual tanpa ikatan pernikahan atau komitmen yang kuat.

Hal itu jika dilihat dari kaca mata negatif pergaulan bebas. Berikut beberapa dampak dari pergaulan bebas di kalangan remaja.

Baca juga: 9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung bagi Remaja

Dilansir dari laman SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng, ini penjelasan yang disampaikan oleh Antonia Iju, S.Pd., selaku Guru Mata Pelajaran Bimbingan dan Konseling terkait pergaulan bebas.

Dampak pergaulan bebas bagi remaja

1. Berpengaruh pada psikologis

Adapun pergaulan bebas dapat memiliki dampak psikologis yang serius di kalangan remaja atau anak muda.

Mereka bisa mengalami stres, kecemasan, depresi, dan rendahnya harga diri akibat tekanan sosial, rasa bersalah, atau penolakan dari teman-teman atau masyarakat.

2. Pengaruh pada kesehatan fisik

Tak hanya itu saja, pergaulan bebas juga membawa risiko kesehatan fisik, tentu dampak negatif.

Remaja yang terlibat dalam aktivitas seksual tanpa perlindungan dapat terpapar penyakit menular seksual (PMS) seperti HIV/AIDS, sifilis, gonore, dan lainnya. Hal ini dapat mengancam kesehatan dan kehidupan mereka.

Baca juga: 12 Gaya Hidup Sehat Remaja

3. Pengaruh sosial

Selain itu, dampak pergaulan bebas bagi remaja tentu dapat mempengaruhi hubungan sosial remaja dengan keluarga, teman, dan masyarakat.

Mereka bisa merasa terasing, kehilangan dukungan keluarga, atau bahkan dijauhi oleh teman-teman. Hal ini dapat mengarah pada isolasi sosial dan konsekuensi negatif dalam perkembangan sosial mereka.

4. Berpengaruh pada pendidikan

Pergaulan bebas dapat mengganggu konsentrasi dan fokus remaja dalam pendidikan atau dunia sekolah.

Hasrat dan aktivitas seksual yang tidak terkendali dapat mengarah pada penurunan prestasi akademik, absensi sekolah, bahkan putus sekolah, serta menghambat masa depan mereka.

5. Pengaruh hubungan antarpersonal

Dampak lain dari pergaulan bebas dapat membentuk pola hubungan interpersonal yang tidak sehat.

Remaja bisa mengalami kesulitan membangun hubungan yang stabil dan bermakna di masa depan akibat pengalaman negatif dari pergaulan bebas.

Tentunya, pergaulan bebas di kalangan remaja memiliki dampak yang signifikan, baik dari segi psikologis, kesehatan fisik, hubungan sosial, pendidikan, maupun hubungan antarpersonal.

Maka dari itu, penting bagi keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang risiko dan konsekuensi atau dampak pergaulan bebas.

Baca juga: 4 Tips Bermedia Sosial bagi Remaja

Serta memberikan pendidikan seksual yang komprehensif dan pengawasan yang tepat guna membimbing remaja menuju perilaku yang lebih sehat dan bertanggung jawab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com