Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Situs Jurnal Internasional Gratis buat Tugas Akhir

Kompas.com - 26/10/2023, 20:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semua bentuk tugas akhir perlu didasarkan pada sumber ataupun penelitian yang mendukung. Salah satu sumber yang bisa digunakan adalah jurnal internasional.

Tetapi, tidak semua jurnal internasional bisa diakses secara gratis. Terkadang, akses ke jurnal-jurnal ini bisa menjadi sulit dan mahal.

Baca juga: Erica Lulus S1 di IPB dengan IPK 4,00 dan Sudah Bekerja di Pertamina

Untuk membantu kamu menyelesaikan tugas akhir, ada 15 rekomendasi situs jurnal internasional gratis. Ini rincian selengkapnya dilansir dari laman Universitas Pendidikan Ganesha atau Undiksha, Kamis (26/10/2023):

15 situs jurnal internasional gratis

1. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ adalah direktori yang mengindeks ribuan jurnal akses terbuka di berbagai bidang ilmu. Ada lebih dari 10.000 jurnal dari berbagai negara di dunia. Maka dari itu, bisa klik laman ww.doaj.org

2. ResearchGate

Lewat laman www.researchgate.net, ada banyak jurnal gratis yang bisa diunduh. Meskipun menyediakan akses gratis, namun ada juga beberapa karya ilmiah yang membutuhkan izin.

3. SpringerOpen

SpringerOpen adalah platform penerbitan dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang ilmu. Situs ini menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal Springer yang diterbitkan secara terbuka. Jadi coba klik saja laman www.springeropen.com.

4. Google Scholar

Google Scholar adalah mesin pencari akademik yang dapat digunakan untuk menemukan artikel-artikel ilmiah dari berbagai sumber. Meski ada yang tidak gratis, kamu bisa mencari jurnal berkualitas dan e-book.

Baca juga: 9 Pekerjaan Freelance buat Mahasiswa, Gaji Bisa di Atas Rp 7 Juta

5. ProQuest

ProQuest adalah database (pangkalan data) jurnal elektronik yang berpusat di Ann Arbor, USA. Dalam situs ini, tak hanya tersedia jurnal Internasional, tetapi juga buku, video dan audio pembelajaran, dan surat kabar.

6. Academia.edu

Situs ini populer bagi mahasiswa Indonesia. Cukup banyak jurnal internasional yang bisa diakses dan disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com