Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Dosen Pembimbing Skripsi, Apa Saja?

Kompas.com - 07/11/2023, 12:02 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa S1 yang sudah di semester akhir dan ingin mengambil skripsi, maka nanti akan berhubungan dengan dosen pembimbing skripsi.

Atau akan sering bolak balik bertemu dengan dosen pembimbing agar skripsi cepat selesai. Hal ini biasa dilakukan mahasiswa semester akhir.

Meski saat ini pemerintah mengeluarkan aturan baru bahwa skripsi tidak wajib, tetapi masih banyak mahasiswa yang memilih skripsi untuk menyelesaikan studi S1-nya.

Jadi, peran pembimbing skripsi tidak dapat kamu remehkan. Apalagi jika kamu nanti dapat dosen pembimbing yang sibuk, maka kamu harus benar-benar bisa mengatur waktu dengan baik.

Baca juga: Cara Membuat Judul Skripsi yang Tepat

Dilansir dari laman Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Widuri, dosen pembimbing skripsi adalah adalah seorang dosen tetap pada perguruan tinggi tertentu yang diberi tugas (biasanya ada surat tugas dan surat keputusan dari pimpinan fakultas atau pimpinan program studi) untuk membimbing skripsi mahasiswa.

Tentunya dengan hak dan kewajiban tertentu, dan biasanya mengenai aturan berapa banyak jumlah pembimbing skripsi yang akan membantu kamu mengerjakan skripsi itu disesuaikan dengan kebijakan kampus.

Ada yang satu pembimbing dan ada juga yang menugaskan dua pembimbing skripsi pada setiap mahasiswa.

Peran dosen pembimbing skripsi

1. Dukung mahasiswa cepat lulus

Biasanya, dosen pembimbing akan selalu mendukung mahasiswa yang sedang skripsi untuk lulus skripsi tepat waktu.

Tentunya seorang dosen pembimbing memiliki strategi khusus agar kamu lulus tepat waktu dalam mengerjakan skripsi dan tentunya kamu harus patuhi.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Prospek Kerja Luas, Ada Pilihanmu?

2. Bantu menentukan judul

Peran lainnya ialah membimbing mahasiswa dalam menentukan judul, topik penelitian, format penulisan dan lainnya.

Dosen pembimbing yang baik biasanya membimbing kamu dengan berbagai aspek, dan tidak melepaskan kamu sendiri begitu saja.

3. Beri arahan jika ada kesalahan

Saat menulis skripsi tentu sering terjadi kesalahan, dosen pembimbing yang baik, tentunya akan memberi tahu dan mengarahkan jika kamu salah dalam mengerjakan skripsi, dan tidak mendiamkannya.

4. Membantu saat ujian skripsi

Dalam sidang skripsi, dosen pembimbing juga akan membantu menjelaskan kepada penguji lain tentang skripsi mahasiswa (jika diperlukan).

5. Memberi nilai kepada mahasiswa saat sidang skripsi

Jika kamu sudah ikut sidang skripsi, maka dosen pembimbing juga akan memberikan nilai kapada mahasiswa bimbingannya.

Baca juga: 7 Cara Mengatur Kesibukan Kuliah Sambil Kerja

Dosen pembimbing dapat membantu menaikan nilai seorang mahasiswa bimbingannya, walaupun secara persentasi nilai dosen pembimbing tidak besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com