Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Cabai Organik yang Baik, Info Dosen Politani Samarinda

Kompas.com - 17/11/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu ini harga cabai kembali naik. Ternyata, beberapa faktor yang menjadikan harga cabai naik karena cuaca yang tidak menentu, kondisi tanah, serta penggunaan pupuk kimia.

Karena efek jangka panjang penggunaan pupuk kimia kurang bagus untuk tubuh atau lingkungan, maka masyarakat harus kembali ke pertanian organik.

Tentu, jika menerapkan sistem pertanian organik maka bisa membawa keuntungan yang lebih terutama untuk hasil pertaniannya.

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kamis (16/11/2023), Dosen Program Studi Budi Daya Tanaman Perkebunan, Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Samarinda, Daryono, memberikan tips.

Baca juga: Lulusan Vokasi Ini Sukses Kembangkan Dua Usaha

Yakni tips atau cara merawat cabai organik agar hasilnya melimpah. Apa saja itu?

Cara merawat cabai

1. Penyiapan bibit unggul

Adapun salah satu kunci keberhasilan dari pertanian yang berkualitas ialah penggunaan bibit unggul.

Karena itu memerlukan memilih bibit cabai yang unggul. Benih cabai yang baik adalah yang sudah tua, berwarna merah menyala, masih segar, tidak keriput, dan tangkainya berwarna hijau segar.

2. Penyiapan media tanam

Sebelum melakukan penanaman, maka langkahnya ialah penyiapan media tanam terlebih dahulu.

Pastikan media tanam telah bersih dari gulma dan sejenisnya. Sebelum melakukan penanaman, berikan pupuk organik sebanyak mungkin.

"Penggunaan pupuk organik ini akan membantu tumbuhan berkembang lebih maksimal. Kita bisa menggunakan pupuk kandang atau sejenisnya. Kemudian jangan lupa lakukan penyiraman rutin," ujar Daryono.

3. Pengelolaan gulma dan jamur

Dijelaskan bahwa gulma menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian besar para pelaku pertanian. Agar hasil budi daya tanaman cabai bisa maksimal, kita perlu membersihkan gulma secara berkala.

Tumbuhnya gulma di sekitar tumbuhan dapat menyerap nutrisi yang seharusnya masuk ke tanaman kita.

Selain gulma, pertumbuhan jamur di sekitar tanaman juga perlu diperhatikan, apalagi jika jamur menempel di tanaman cabai.

Baca juga: Tim Vokasi USD Inovasi Kursi Roda Cerdas dengan Perintah Gelombang Otak

Apabila terdapat pohon cabai yang terserang jamur, sebaiknya segera disingkirkan agar tidak menulari tanaman cabai lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com