Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Keunggulan Punya IPK Tinggi dan 7 Cara Meraihnya

Kompas.com - 21/11/2023, 10:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap mahasiswa pasti ingin mendapatkan IPK tinggi. Karena itu, butuh upaya lebih agar bisa mewujudkannya.

Selain IPK tinggi, ada gelar cumlaude bagi wisudawan yang lulus tepat waktu dan IPK di atas 3,51.

Jadi, bagi sebagian mahasiswa, nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ibarat emas yang sangat berharga.

Sebab, IPK di dalam program perguruan tinggi merupakan sebuah penentu hasil belajarmu selama di bangku kuliah. Tentu saja bagi peraih terdapat Keunggulan IPK Tinggi & Cumlaude.

Baca juga: Sosok Annisa Lulus S3 dari IPB dengan IPK 4

Dilansir dari laman STIE Pemuda, mendapatkan IPK Cumlaude sebenarnya bukanlah tujuan dan fokus utama dalam sebuah proses belajar dalam perguruan tinggi.

IPK sendiri sebenarnya tidak menentukan nasib dari seorang alumni di sebuah perguruan tinggi. Namun, dengan mendapatkan IPK tinggi ini kamu bisa mendapatkan berbagai kesempatan lain yang lebih di masa depan.

Berikut ini keunggulan punya IPK tinggi dan cumlaude:

1. Punya peluang dapat beasiswa

Lulus dengan IPK tinggi biasanya sangat memudahkan untuk meraih beasiswa. Misalnya saja ketika kamu ingin lanjut S2, kamu bakalan mendapatkan kesempatan meraih beasiswa untuk melanjutkan studi tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan gelar S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun saja. Saat ini istilah tersebut adalah program fast track.

2. Punya peluang tinggi lanjut pendidikan tinggi

Jadi, ketika dapat predikat cumlaude maka kamu berpeluang besar melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi. Apalagi jika kamu mendaftar seleksi beasiswa.

Mahasiswa dengan predikat cumlaude biasanya akan mendapatkan prioritas untuk bisa langsung masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Baca juga: Lulusan FH Undip Ini Bisa Raih IPK Cumlaude meski Banyak Kegiatan

3. Ada kesempatan jadi asisten dosen

Agar ilmu yang lebih tersalurkan, mahasiswa dengan predikat cumlaude akan mendapatkan kesempatan menjadi seorang asisten dosen. Nah, ilmu yang kamu dapatkan ini sangat membuka peluang untuk jadi Asisten dosen.

4. Akan diperhitungkan di dunia kerja

Tentu, ada beberapa instansi besar yang mengincar para lulusan terbaik ini. Namun, perlu diingat, mahasiswa dengan predikat cumlaude ini tak hanya diseleksi dengan nilai saja. Namun juga dinilai dengan softskill yang kamu miliki.

Cara meraih IPK tinggi

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mendapatkan nilai IPK tinggi. Semua yang kamu lakukan tak ada yang tak mungkin. Semuanya bisa kamu lakukan asalkan kamu bisa mau dan bersungguh-sungguh.

Bagi yang ingin meraih IPK tinggi atau cumlaude, maka berikut ini beberapa caranya:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com