Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Kelas 12, Pahami 7 Hal Ini agar Lolos SNBP 2024

Kompas.com - 21/11/2023, 16:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebentar lagi, proses masuk perguruan tinggi negeri (PTN) akan dimulai. Yakni diawali dengan jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Seperti pada pelaksanaan SNBP 2023, SNBP 2024 masih menggunakan kombinasi dari rata-rata nilai seluruh mata pelajaran, prestasi akademik, dan penilaian dari masing-masing kampus.

Untuk itu, siswa kelas 12 SMA/SMK/Sederajat yang ingin masuk PTN jalur pertama yakni SNBP 2024, maka harus bersip diri.

Adapun penyelenggara SNBP ialah lembaga Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Seperti dikutip dari laman resmi SNPMB.

Baca juga: Kuota Sekolah buat SNBP 2024 Diumumkan Desember? Ini Informasinya

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), berikut ini beberapa tips lolos SNBP 2024 bagi siswa kelas 12:

1. Paham aturan dasar

Jika kamu ingin ikut SNBP 2024, maka harus memahami dahulu aturan dasar yang berlaku. Informasi tersebut dapat diakses melalui laman resmi yang tersedia.

2. Mampu analisis nilai rapor

Tentu, kamu bisa menghitung nilai rapor sendiri dengan mengacu pada kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek, barulah menganalisis hasilnya dengan rumus yang tersedia.

Jika sudah, cocokkan hasil analisis dengan jurusan kuliah yang ingin dituju nanti, apakah sudah sesuai atau belum.

3. Sesuaikan nilai rapor dengan jurusan

Apabila kamu sudah menentukan jurusan kuliah, maka harus bisa menyesuaikan nilai rapor kamu. Jika nilai rapormu rendah, coba pilih jurusan lain yang sesuai dengan nilaimu.

Kamu jangan terlalu ambisi dalam membuat keputusan sebelum memastikan nilai rapor kamu.

Baca juga: 6 PTS Murah di Jakarta, Calon Mahasiswa Cek Sekarang

4. Buat portofolio terbaik

Kamu harus membuat portofolio paling baik. Meski demikian, tidak semua jurusan membutuhkan portofolio sebagai faktor penentu kelulusan.

5. Harus perhatikan jadwal SNBP 2024

Agar tidak lupa, maka kamu harus membuat pengingat jadwal SNBP 2024 pada setiap tahapannya di ponsel pintar atau tempat yang mudah dilihat.

Jika kamu nanti ada teman yang ikut SNBP 2024, maka bisa saling membantu dan mengingatkan terkait info jadwal serta pendaftarannya.

6. Semua persyaratan untuk pendaftaran harus dipenuhi

Jangan lupa memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan saat mendaftar SNBP 2024, baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus.

Tentu sebagai siswa SMA kelas 12, kamu harus memenuhi semua syarat yang ditetapkan oleh PTN dan jurusan kuliah tujuanmu.

Tapi perlu diingat bahwa persyaratan tiap jurusan di setiap PTN bisa berbeda, jadi pastikan untuk memperoleh informasi yang benar melalui laman PTN terkait.

7. Tetap optimis dan selalu berdoa

Hal terakhir yang tidak kalah penting ialah harus tetap optimis dan selalu berdoa. Karena semua usaha yang baik tetapi didukung dengan doa tulus, maka nanti hasilnya akan baik pula.

Baca juga: Jurusan Kriminologi Bisa Jadi Apa? Info bagi Calon Mahasiswa

Jadi itulah beberapa hal yang harus dipahami oleh siswa kelas 12 yang nanti ingin ikut SNBP 2024.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com