Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membuat Esai untuk Daftar Beasiswa IISMA 2024

Kompas.com - 07/02/2024, 19:15 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Wahidah Mevi Nihayah membagikan tips sukses untuk membuat esai sebagai syarat seleksi beasiswa IISMA.

Mevi adalah salah satu penerima atau awardees beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan mendapat kesempatan belajar di Palacky University Olomouc, Republik Ceko pada tahun 2022

Menurut Mevi, hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membuat esai para calon penerima harus menemukan tujuan yang unik dan tindak sebenarnya yang ingin dilakukan.

Baca juga: 20 Kampus di Asia Tujuan Beasiswa IISMA 2024, Kuliah Gratis Luar Negeri

"Temukan sesuatu yang mampu merepresentasikan dan keunikanmu. Dikarenakan alasan klise sudah disampaikan oleh ribuan pendaftar sehingga itu tidak membuatmu outstanding," kata Mevi dikutip dari laman resmi Unair, Rabu (7/2/2024).

Lalu, hal kedua yang harus diperhatikan saat membuat esai adalah menentukan personal brand yang ingin direpresentasikan di esai.

Mevi mengatakan, bahwa untuk menentukan personal brand, dirinya melakukan self reflect dengan tiga aspek yakni pengalaman di masa lalu, keahlian saat ini, dan cita-cita.

"Kemudian cari benang merah untuk menggabungkan 3 aspek dan personal brand kamu dengan tujuan mendaftar IISMA serta pemilihan kampus dan courses," ujarnya.

Sedangkan tips terakhir, kata Mevi, adalah lakukan riset mendalam tentang kampus dan courses yang ingin pilih.

Hal itu penting dilakukan agar para asesor benar-benar memahami tujuan yang ingin dicapai pelamar di kampus tersebut.

Baca juga: Jadwal dan Cara Daftar KJMU 2024, Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester

IISMA sendiri adalah beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai program mobilitas pelajar Indonesia ke universitas di luar negeri. Tahun ini, beasiswa IISMA ditargetkan untuk 3.000-3.300 mahasiswa dan terdapat 140-150 universitas pilihan di 30 negara.

Penerima beasiswa IISMA 2024 akan mendapatkan biaya pendaftaran dan pendidikan gratis, biaya kesehatan, biaya kedatangan dan tunjangan hidup, biaya penerbangan dan visa, serta dana darurat.

Pendaftaran beasiswa IISMA sudah dibuka sejak 23 Januari 2024 hingga 14 Februari 2024 mendatang dan bisa diakses melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id/

Selain esai ada beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi pelamar beasiswa IISMA 2024.


Persyaratan beasiswa IISMA

Syarat umum:

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com