Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Kriteria Siswa Penerima KIP Kuliah 2024, Siap-siap Daftar

Kompas.com - 12/02/2024, 09:26 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran KIP Kuliah 2024 (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) diperkirakan dibuka hari ini, Senin (12/2/2024) atau dua hari sebelum pendaftaran SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi).

Dengan dibukanya pendaftaran KIP Kuliah 2024, calon mahasiswa yang butuh biaya untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, bisa segera membuat akun KIP Kuliah 2024 dan melakukan pendaftaran.

Dilansir dari Kompas.com, Subkoordinator KIP Kuliah, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puslapdik Kemendikbud Ristek) Muni Ika menerangkan, jadwal pendaftaran KIP Kuliah akan dibuka lebih cepat dari pendaftaran jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Jika pendaftaran SNBP 2024 baru akan dibuka pada 14 Februari 2024 mendatang, pendaftaran KIP Kuliah biasanya dibuka sebelum masa pendaftaran jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dibuka. Yakni dijadwalkan dibuka besok, Senin (12/2/2024).

"(Pendaftaran KIP Kuliah) rencana akan buka besok, 12 Februari 2024," kata Muni seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Ingin Daftar KIP Kuliah 2024? Ini Dokumen yang Harus Disiapkan

Daftar KIP Kuliah 2024 bisa lewat kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Muni menerangkan, pihaknya saat ini tengah menyusun rilis resmi terkait pembukaan pendaftaran KIP Kuliah 2024 tersebut.

Nantinya, launching pendaftaran KIP Kuliah akan diumumkan melalui laman resmi Kemendikbud Ristek. Pendaftaran KIP Kuliah 2024 dapat dilakukan melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Setelah pendaftaran KIP Kuliah 2024 resmi dibuka, calon mahasiswa wajib tahu kriteria apa saja yang harus kamu penuhi agar bisa mendaftar program ini dan lolos jadi penerima KIP Kuliah 2024.

Dilansir dari laman Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (12/2/2024), berikut 4 kriteria siswa yang bisa dapat KIP Kuliah 2024.

1. Lulusan SMA, SMK, dan gap year

Penerima KIP Kuliah Merdeka adalah siswa dan siswi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan sederajat yang lulus pada tahun 2024 atau maksimal lulus 2 tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2023 atau 2022.

2. Lulus perguruan tinggi

Kriteria lain bagi siswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah 2024 adalah siswa harus dinyatakan lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur masuk perguruan tinggi akademik atau vokasi.

Selain itu calon mahasiswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah wajib diterima di PTN atau PTS pada program studi yang telah terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.

3. Berasal dari keluarga tidak mampu

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com