Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup Lima Langkah Mencicipi Kuliah di Amerika Serikat!

Kompas.com - 25/08/2016, 11:23 WIB
Sri Noviyanti

Penulis


KOMPAS.com
– Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu tujuan pendidikan mahasiswa luar negeri. Setidaknya, saat ini ada 750.000 mahasiswa internasional yang belajar di sana (www.idp.com).

Alasannya masuk akal, meskipun biaya hidup yang dibebankan lebih mahal dibandingkan dengan kawasan lain. Di Amerika Serikat berdiri banyak perguruan tinggi top dunia. Peringkat Times Higher Education World University 2016 menunjukkan, 9 dari 10 perguruan tinggi terbaik dunia berada di sana.

Melihat fakta itu, terbayang sulitnya berkuliah di sana. Namun, jangan berkecil hati dulu. Situs web educationusa.state.gov merangkum, persiapan yang perlu dilakukan calon mahasiswa cukup lima langkah. Simak poin-poinnya:

Riset

Hal pertama yang harus dilakukan calon mahasiswa adalah riset. Kumpulkan data terkait perencanaan kuliah.

Cari informasi kampus, jurusan, dan kawasan tempat tinggal selengkap mungkin. Biasanya calon mahasiswa sudah punya target jurusan yang akan diambil.

Nah, untuk menentukan perguruan tinggi terbaik, pilih saja kampus yang memprioritaskan jurusan sesuai dengan pilihan tadi.

Tapi, calon mahasiswa tak perlu terpatok pada urusan peringkat kampus. Ingat, di AS tak ada peringkat kampus yang abadi. Maka dari itu, calon mahasiswa perlu bijak memilih kampus sesuai kebutuhan dan kemampuan, baik dari sisi akademik, finansial, maupun kepribadian.

Perencanaan finansial

Di AS, biaya hidup bervariasi tergantung lokasi kampus. Karenanya, tidak ada patokan berapa biaya hidup untuk tinggal di sana.

Untuk itu, calon mahasiswa perlu membuat perencanaan keuangan sendiri. Pelajari jenjang studi apa yang diambil di sana dan berapa kebutuhannya.

Bila berminat untuk mendaftar beasiswa, kewajiban membuat perencaaan finansial harus ada. Meskipun banyak lembaga beasiswa di AS menawarkan uang saku cukup besar, jumlahnya belum tentu cukup memenuhi kebutuhan hidup di sana.

Cara terbaik untuk mengantisipasi hal tersebut adalah menabung dari jauh-jauh hari sejak rencana kuliah di AS mantap. Nah, kalau sudah berada di sana, jangan lupa jadikan rencana keuangan itu acuan untuk aktivitas dan pengeluaran. 

www.shutterstock.com Ilustrasi.
Lengkapi persyaratan umum

Persyaratan kuliah di luar negeri akan berbeda dengan kuliah di dalam negeri. Maka dari itu, calon mahasiswa harus melengkapi seluruh syarat umum pengajuan kuliah agar lolos.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com