Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UN Diduga Bocor, Siswa Disuruh Datang Jam 5 Pagi

Kompas.com - 20/04/2009, 11:42 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Naskah soal Ujian Nasional SMA diduga bocor. Untuk itu sejumlah sekolah mengumpulkan siswa hari ini, Senin (20/4), pada pukul 05.00 tadi atau dua jam sebelum pelaksanaan UN, untuk membagikan kunci jawaban.

Sementara kemarin, Minggu (19/4), Koordinator Pengawas Universitas Sriwijaya (Unsri) bersitegang dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang karena koli berisi naskah soal UN dibuka tanpa izin.

Informasi yang berhasil dihimpun, dua SMA di kawasan Lemabang meminta siswa kumpul di sekolah pukul 05.00. Ts, seorang pelajar, mengatakan, instruksi itu diberikan wali kelas masing-masing. Di sekolahnya terdapat empat kelas IPA dan tujuh kelas IPS.

Namun tidak seluruh siswa berencana datang dengan pertimbangan UN dilaksanakan pukul 07.00 atau tidak membutuhkan kunci jawaban karena merasa sudah siap.

“Saya tidak akan datang. Teman saya juga tidak akan datang. Sekarang tinggal mempersiapkan mental saja,” kata Ts.

Ade (18) siswa SMA yang sama dengan Ts mengaku gurunya mewajibkan siswa datang ke sekolah untuk membahas soal UN. Terpisah, Sr (18) siswi sekolah berbeda di kawasan Lemabang juga mengaku disuruh guru datang ke sekolah sebelum pukul 06.00. 

“Kami disuruh datang pukul 06.00. Guru mau memberikan kami kunci jawaban, mudah-mudahan benar,” kata Sr, yang mengaku masih was-was.

Sementara itu, penyebaran kunci jawaban ujian via SMS sudah berlangsung sejak kemarin sore. Sriwijaya Post mendapati tujuh pelajar kumpul di Jl Balayuda, tidak jauh dari lingkungan sekolah di kawasan itu. Masing-masing memegang ponsel, sibuk menelepon dan saling mengirim SMS.

Salah seorang siswi di antaranya mengaku telah mendapat pesan singkat berisi kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ia sempat hendak memberikannya pada Sriwijaya Post, tapi urung karena dicegah temannya. Mata pelajaran yang diujikan hari ini, untuk jurusan IPA, Bahasa Indonesia dan Biologi. Sedangkan jurusan IPS, Bahasa Indonesia dan Sosiologi.

Unsri Protes

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com