Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Ingatkan Politisi AS

Kompas.com - 12/07/2011, 03:13 WIB

WASHINGTON, Senin - Tarik ulur tentang peningkatan pagu utang AS menarik perhatian Dana Moneter Internasional (IMF). IMF menyerukan agar pertentangan antara kubu Republik dan Gedung Putih itu segera diselesaikan. Konsekuensi terlambatnya keputusan akan membawa bahaya tidak hanya bagi AS, tetapi juga bagi ekonomi global.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde di Washington, Minggu (10/7), menyatakan, jika AS tidak dapat menaikkan pagu kredit, itu akan berpotensi mengacaukan pasar saham global.

Kenaikan pagu kredit bertujuan membuat AS menambah utang untuk menutupi defisit anggaran. Hal ini ditentang kubu Republik.

Lagarde mengatakan, kenaikan tingkat suku bunga mungkin akan terjadi jika AS tidak bisa menambah utang, termasuk untuk membayar utang-utang lama AS. Jika itu terjadi, risiko terhadap surat berharga semakin tinggi.

Padahal, selama ini surat berharga terbitan AS dianggap sebagai salah satu yang teraman dan terlikuid. Tingkat suku bunga obligasi AS menjadi acuan bagi obligasi lainnya. ”Segala guncangan seperti itu akan membahayakan tujuan penting IMF, yaitu menjaga kestabilan dalam perekonomian global,” ujarnya.

Saat ini, pagu utang AS sebesar 14,3 triliun dollar AS. Jika tidak ada tambahan pagu utang hingga 2 Agustus mendatang, pemerintah tidak dapat membayar kewajiban, antara lain membayar bunga obligasi kepada para pemegang obligasi, dan AS akan mengalami gagal bayar.

”Jika terjadi gagal bayar ... tentu saja akan ada kenaikan tingkat suku bunga, pukulan pada pasar modal, serta konsekuensi menyeramkan lainnya, tidak hanya bagi AS, tetapi juga global. AS pemain besar dan sangat berarti bagi negara lain,” ujarnya.

Presiden AS Barack Obama bertemu dengan kubu Republik dua hari berturut-turut, tetapi tetap saja tak ada kesepakatan. Minggu lalu, Obama bertemu dengan para politisi dari Republik, termasuk Ketua DPR AS John Boehner. Akan tetapi, pembicaraan selama 75 menit itu gagal mencapai kesepakatan.

Republik menolak menaikkan pagu kredit 14,3 triliun dollar AS jika Obama tidak sepakat mengurangi defisit yang kian menggelembung dengan memangkas jaminan sosial yang dibiayai pemerintah.

Eropa membatasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com